Breaking News:

Anggota Komisi VI DPR Nilai Perombakan Direksi Holding BUMN Mind Id Hal Wajar

Anggota DPR Komisi VI Nashim Khan mengatakan perombakan Direksi holding Mind Id yang dilakukan Menteri BUMN Erick Thohir hal wajar.

Penulis: Reynas Abdila
dok. Inalum
Anggota Komisi VI DPR Nilai Perombakan Direksi Holding BUMN Mind Id Hal Wajar 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota DPR Komisi VI Nashim Khan mengatakan perombakan Direksi holding Mind Id yang dilakukan Menteri BUMN Erick Thohir hal wajar.

Menurutnya, sudah terlihat dari rapat dengar pendapat (RDP) di Komisi VI di mana manajemen Mind ID main aman untuk bisa mendapatkan laporan keuangan mereka bagus. 

"Tidak berani berinvestasi padahal itu permintaan UU untuk kemajuan industri pertambangan Indonesia," kata Nashim Khan kepada wartawan, Jum'at (19/11/2021).

Ia mengatakan Direksi Mind Id terdahulu terlihat tidak banyak investasi baik oleh holding maupun anak perusahaan seperti Antam. 

"Hal ini memang membuat laporan keuangannya jadi bagus, karena kita tahu kalau melakukan investasi, pasti laporan keuangan menjadi sedikit untung. Padahal ini penting untuk masa depan industri pertambangan kita," jelasnya. 

Selain itu, tugas yang pembangunan smelter tidak bisa dilaksanakan.

Baca juga: Politisi Gerindra Dukung Perombakan Direksi MIND ID

Terlihat juga keengganan Freeport membangun smelter di Indonesia pada masa masih dikuasai oleh Amerika, ternyata diteruskan oleh Orias.

"Tapi karena tekanan baik dari kementrian BUMN, Kementrian ESDM dan DPR akhirnya Freeport membangun smelter di Gresik Jawa Timur," tegasnya. 

Tidak hanya Freeport, hal yang sama terjadi dengan Antam. 

“Antam juga malas berinvestasi baik dari sisi eksplorasi maupun pembangunan smelter nickel," lanjut Nashim.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved