Breaking News:

Perusahaan Cat Asal RI Catatkan IPO Terbesar di Asia

PT Avia Avian Tbk (AVIA) telah mencatatkan Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada hari ini

Editor: Hendra Gunawan
istimewa
Pencatatan perdana saham PT Avia Avian Tbk (AVIA) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (8/12/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- PT Avia Avian Tbk (AVIA) telah mencatatkan Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada hari ini, 8 Desember 2021.

Presiden Direktur Avia Avian Wijono Tanoko mengatakan, penawaran umum perdana saham perusahaan dinilai di bagian atas kisaran harga yakni Rp 930 per saham.

"Dengan jumlah penawaran sebesar Rp 10,95 triliun (771 juta dolar Amerika Serikat), pendaftaran ini merupakan IPO terbesar yang pernah ada di Asia untuk sektor cat. Kemudian, IPO kedua terbesar untuk sektor cat secara global, dan IPO ketiga terbesar di Indonesia sejak 2008," ujarnya, Rabu (8/12/2021).

Baca juga: ASDP Indonesia Ferry dan Pertamina Geothermal Energy Bakal IPO di 2022

Menurut Wijono, pencatatan IPO perusahaan mendapat dukungan kuat dari investor institusi domestik dan asing maupun investor ritel.

"Penawaran umum perdana saham ini diminati berbagai investor ternama dari investor jangka panjang global, sovereign wealth fund, dan institusi domestik. Selain itu, juga sempat mengalami beberapa kali oversubscription," katanya

Sebagai bagian dari IPO, perusahaan dan beberapa pemegang saham telah menawarkan dengan total 11,77 miliar saham.

Baca juga: Grab Rayakan Pencatatan Perdana Sahamnya di Bursa Nasdaq

Ini terdiri dari sekira 52,7 persen saham baru dan 47,3 persen dari saham yang ditawarkan oleh pemegang saham eksisting.

'Penerimaan dana bruto dari penawaran saham baru adalah sebesar Rp 5,76 triliun (400 juta dolar Amerika Serikat). Pasca IPO, Keluarga Tanoko akan tetap menjadi pemegang saham mayoritas dengan 74,7 persen saham," tutur Wijono.

Adapun, dana IPO ini akan digunakan perusahaan untuk dapat terus meningkatkan pertumbuhan profitabilitas, mempercepat ekspansi bisnis di Indonesia, serta pelunasan beberapa utang.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved