Mudik Lebaran 2022

Arus Mudik, Lonjakan Penjualan BBM Tertinggi Terjadi di Brebes dan Kebumen

Selama arus mudik, lonjakan pembelian BBM di wilayah Brebes mencapai 813 Kilo Liter (KL) per hari atau naik 120 persen dari kondisi normal.

Editor: Choirul Arifin
Doc. Pertamina
Selama arus mudik, lonjakan pembelian BBM di wilayah Brebes mencapai 813 Kilo Liter (KL) per hari atau meningkat 120 persen dibandingkan rerata normal yang hanya 368 KL/hari. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) mencatat lonjakan tertinggi penjualan bahan bakar minyak (BBM) selama periode arus mudik Lebaran 2022 terjadi di Kabupaten Brebes di Jawa Tengah.

Selama arus mudik, lonjakan pembelian BBM di wilayah Brebes mencapai 813 Kilo Liter (KL) per hari atau meningkat 120 persen dibandingkan rerata normal yang hanya 368 KL/hari.

Wilayah dengan konsumsi BBM tertinggi berikutnya selama periode arus mudik Lebaran adalah di Kabupaten Kebumen sebanyak 678 KL/hari, atau naik 119 persen dibandingkan kondisi normal yakni 309 KL/hari.

Kemudian disusul Kabupaten Tegal sebesar 743 KL/hari, atau naik 102 persen dibandingkan kondisi normal di angka 366 KL/hari.

Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero), Alfian Nasution, mengatakan pada puncak arus mudik Lebaran atau H-2 konsumsi BBM meningkat 41 persen dibanding kondisi normal.

Baca juga: Lelah Usai Riding, Pria Ini Tertidur di Atas Motor: Mesin Masih Menyala, Kaget Dibangunkan Polisi

Angka tersebut melebihi dari estimasi awal yang rata-rata kenaikannya pada arus mudik Lebaran tahun sebelumnya hanya 11 persen.

Sehingga, Pertamina pada arus balik akan menyiapkan antisipasi yang sama untuk menjaga pasokan BBM.

"Pada arus balik, Pertamina berhasil memenuhi kebutuhan BBM pemudik yang meningkat hingga 29 persen pada puncaknya, angkanya terlihat lebih rendah karena sebaran pemudik arus balik yang lebih fleksibel," ujar Alfian dalam keterangan tertulisnya, Selasa (10/05/2022).

Baca juga: SIM Habis Saat Libur Lebaran Dapat Dispensasi Perpanjangan dari Korlantas, Ini Rinciannya

Alfian melanjutkan, untuk wilayah dengan konsumsi BBM tertinggi pada masa mudik lebaran 2022 terjadi di Kabupaten Brebes.

Alfian mengungkapkan apresiasi kepada seluruh pihak yang mendukung kelancaran operasional dan menyukseskan layanan energi sepanjang masa Satgas Ramadhan dan Idul Fitri 2022.

"Seluruh kelancaran layanan Pertamina tidak akan terwujud tanpa koordinasi dan sinergi dengan seluruh pihak yang terkait, terima kasih sudah mendukung kelancaran penyaluran BBM," pungkas Alfian.

Pertamina Patra Niaga saat ini terus menyiagakan Tim Satuan Tugas Ramadhan dan Idul Fitri (Satgas RAFI) 2022 hingga 16 Mei mengantisipasi masih adanya masyarakat yang melakukan perjalanan.

Laporan: Muslimin Trisyuliono | Sumber: Gridoto

Sumber: Gridoto
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved