Bakal Jadi Stasiun Sentral, Pembangunan Stasiun Manggarai Sudah 60 Persen

Stasiun Manggarai akan diproyeksikan menjadi stasiun sentral pertama di Indonesia yang saat ini masih dalam tahap pembangunan.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Hendra Gunawan
WARTA KOTA/WARTA KOTA/Angga Bhagya Nugraha
Foto udara jalur layang (elevated track) Bogor Line di Kawasan Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Stasiun Manggarai akan diproyeksikan menjadi stasiun sentral pertama di Indonesia yang saat ini masih dalam tahap pembangunan.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Zulfikri mengatakan, pembangunan Stasiun Manggarai saat ini sudah mencapai 60 persen.

“Proses pembangunan Stasiun Manggarai saat ini sudah meliputi pembangunan fisik sisi timur dan ditargetkan akan selesai pada 2023 mendatang,” kata Zulfikri, Kamis (9/6/2022).

Baca juga: KAI Commuter Perluas Area Flow untuk Penumpang KRL di Stasiun Manggarai

Ia juga menjelaskan, Stasiun Manggarai dipilih menjadi stasiun sentra karena memiliki posisi yang sangat strategis.

“Selain itu Stasiun Manggarai juga memiliki peran vital dalam menunjang layanan kereta api di wilayah Jakarta dan sekitarnya,” kata Zulfikri.

Saat ini, lanjut Zulfikri, Stasiun Manggarai sudah mengemban peran menjadi stasiun hub untuk tujuh persimpangan jalur kereta api.

“Hal ini membuat Stasiun Manggarai menjadi stasiun tersibuk yang melayani lebih dari 20.000 penumpang dan 616 perjalanan KRL setiap hari sebelum pandemi,” ucap Zulfikri.

Baca juga: KAI Aktifkan Peron 8 Stasiun Manggarai untuk Optimalisasi Pola Transit

Stasiun Manggarai nantinya akan menjadi stasiun sentral yang akan memiliki 18 jalur aktif saat pengoperasian penuh nanti.

Keseluruhan jalur tersebut akan melayani kereta api kereta api jarak jauh, KRL Jabodetabek, serta kereta Bandara. Ini membuat Stasiun manggarai mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan kereta api dalam satu gedung stasiun.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved