Tangkap Potensi Pasar, UMKM Perlu Terapkan Strategi Pemasaran Digital

Pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) perlu menerapkan strategi pemasaran digital atau digital marketing demi mengakses pasar yang lebih luas.

dok.
Anggota Komisi VI DPR RI Darmadi Durianto 

Laporan Wartawan Tribunnews, Muhammad Zulfikar

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi VI DPR RI Darmadi Durianto menekankan pentingnya para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) menerapkan strategi pemasaran digital atau digital marketing demi mengakses pasar yang lebih luas.

Karenanya, menurut Darmadi, pelatihan digital marketing sangat mendesak dilakukan agar UMKM memiliki literasi yang baik tentang teknik pemasaran digital.

"Pelatihan semacam ini penting dilakukan agar para pelaku UMKM punya pemahaman bisnis yang memadai. Agar bisnis mereka juga suistainable di era serba digital ini. Tentu perlu strategi dan pendekatan yang memadai," kata Darmadi dalam sambutannya sebagai pembicara di acara pelatihan Digital Marketing di Jakarta, Selasa (5/7/2022).

Darmadi juga berharap agar seluruh peserta pelatihan Digital Marketing untuk UMKM yang di ikuti sebanyak 150 Peserta agar setelah mengikuti pelatihan benar-benar diterapkan dalam mempromosikan usahanya.

"Sehingga ada peningkatan pemasukan yang pada akhirnya akan mensejahterakan keluarganya. Ini merupakan implementasi dari Trisakti Bung Karno diantaranya Berdikari di Bidang Ekonomi," tutur politikus PDIP ini.

Baca juga: Niagahoster Ajak UMKM Naik Kelas Lewat Workshop Pemasaran Digital

Dalam kesempatan tersebut, Darmadi juga mengingatkan bahwa penggunaan tools digital marketing menjadi keharusan dan wajib dipahami oleh para pelaku UMKM saat ini.

"Zaman sudah berubah, tidak bisa menggunakan cara-cara konvensional lagi. Juga jangan sampai terjebak menggunakan digital selling karena digital marketing dan digital selling sangat berbeda terutama dari sisi titik strateginya dan tujuan yang hendak dicapai," katanya. 

Baca juga: iDMC Tantang Siswa Ciptakan Strategi Pemasaran Digital dengan Software Mimic Pro

Selain aktif sebagai pembicara dalam berbagai forum termasuk forum pelatihan digital marketing untuk UMKM, sebagai wakil rakyat, Darmadi Durianto juga memperhatikan konstituennya, melalui pembagian sembako, menyediakan 8 ambulans gratis, juga membekali berbagai seminar, kursus/pelatihan keterampilan.

Wardiman, Koordinator Gerakan Rumah Aspirasi Darmadi Durianto (GRADD) Kebon Jeruk, Jakarta Barat merasa bangga punya Wakil Rakyat seperti Darmadi Durianto yang selalu memperhatikan para Konstituennya.

Acara pelatihan Digital Marketing yang diselenggarakan Yayasan Tunas Muda Nusantara Bangsa menghadirkan pemateri Darmadi Duriantob bersama pelaku pemasaran digital Alex Ferry Widjaja  dan entrepreneur Anton Wachidin Widjaja serta public speaker Nenna Amelia.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved