Komisaris MIND ID Doni Monardo: BUMN Tambang Harus Transparan Kelola CSR

Doni Monardo meminta Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sektor pertambangan untuk transparan kelola Corporate Social Responsibility

Editor: Sanusi
HO
Doni Monardo bersama Toto Nugroho Dirut IBC. Komisaris Utama Mining Industry Indonesia (MIND ID) Letjen TNI (Purn) Doni Monardo meminta Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sektor pertambangan untuk transparan kelola Corporate Social Responsibility (CSR). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisaris Utama Mining Industry Indonesia (MIND ID) Letjen TNI (Purn) Doni Monardo meminta Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sektor pertambangan untuk transparan kelola Corporate Social Responsibility (CSR).

"Saya minta, semua perusahaan tambang di bawah MIND ID transparan dalam mengelola dana CSR. Khusus perusahaan tambang yang ada di Maluku Utara, juga demikian," ujar Doni dalam keterangannya, Minggu (17/7/2022).

Menurut Doni, masyarakat harus tahu peruntukan CSR. Ia meminta pengelolaan dibuka ke publik ke mana saja dan untuk apa saja dana CSR tersebut.

"Pengelolaan dana CSR harus benar-benar untuk kesejahteraan masyarakat," kata Doni.

Baca juga: Kisah Doni Monardo Melakukan Pembibitan Pohon, dari Istana ke Bukit Asam

Doni menambahkan bahwa ke depan perusahaan tambang wajib memikirkan langkah-langkah demi kesejahteraan yang berkelanjutan.

"Mineral, baik itu emas, nikel, dan lain-lain suatu saat akan habis. Jangan sampai saat habis, tambang selesai, rakyat tidak sejahtera, apalagi meninggalkan kerusakan lingkungan," imbuh Doni.

Adanya pemberitaan yang cenderung mewartakan sentimen negatif terhadap aspek transparansi CSR di PT Antam baru-baru ini, hendaknya dijadikan pelajaran penting.

"Itulah pentingnya transparansi," kata Doni.

Baca juga: Kenangan Doni Monardo Bersama Achmad Yurianto Saat Bertempur Lawan Covid-19, Ada Cerita Soal Batik

Sultan Tidore Sultan Husain Alting Sjah menyampaikan sikap terbuka di hadapan Doni. Ia menyampaikan bahwa Doni merupakan sahabat sejak masih menjabat Pangdam XVI/Pattimura.

"Programnya Emas Biru, Emas Hijau dirasakan masyarakat. Kami tahu betul beliau jenderal yang peduli lingkungan," ujarnya, saat berbicara di malam ramah tamah Komut MIND ID dengan Forkopimda Maluku Utara, Sabtu (16/7) di Red Star Resto & Function Hall, Kota Ternate..

Karenanya, kehadiran Doni Monardo sebagai Komisaris MIND ID yang merupakan konsorsium BUMN-BUMN tambang itu, disambut positif.

Ia berharap, kehadiran sejumlah perusahaan tambang di wilayah Maluku Utara, membawa dampak positif bagi masyarakat. Adanya demonstrasi atau penolakan dari masyarakat, pasti bukan tanpa sebab.

"Saya harap, pak Doni dengan kredibilitasnya, mampu mengawasi para perusahaan tambang agar benar-benar menjalankan fungsinya dengan tidak meninggalkan kewajibannya yakni mensejahterakan masyarakat," ucapnya.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved