Hobi Bisa Jadi Cuan dengan Memanfaatkan Teknologi, Begini Caranya

Di era revolusi industri 4.0 ini, setiap orang khususnya kaum muda bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk mengembangkan hobinya.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Hendra Gunawan
Unsplash/Dai Ke
Ilustrasi. Di era revolusi industri 4.0 ini, setiap orang khususnya kaum muda bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk mengembangkan hobinya. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, SINGKAWANG - Di era revolusi industri 4.0 ini, setiap orang khususnya kaum muda bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk mengembangkan hobinya.

Hobi yang diiringi dengan pemanfaatan internet secara produktif, kreatif dan positif dapat menjadi sumber pendapatan bagi siapapun yang menekuninya.

Hal tersebut menjadi perbincangan dalam webinar bertema “Hobi + Teknologi = Rupiah” di Singkawang, Kalimantan Barat belum lama ini.

Hadir sebagai narasumber adalah Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman Hairunnisa Husain; Dosen STMIK Primakara dan Koordinator bidang Penelitian dan Pengembangan SDM Relawan TIK Provinsi Bali Ni Luh Putu Ning Septyarini Putri Astawa; serta Program Manager ECPAT Indonesia Andy Ardian.

Baca juga: Selain Content Creator, Profesi Gamer Online Juga Bisa Jadi Hobi yang Hasilkan Cuan

Merujuk data terbaru Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), jumlah pengguna internet di Indonesia saat ini mencapai 210 juta atau 77 persen dari populasi penduduk.

Dengan kata lain, internet telah menjadi bagian penting dari kehidupan masyarakat.

Hairunnisa Husain mengatakan, kecanggihan internet bisa dimanfaatkan sebagai sarana atau wadah untuk mengembangkan hobi, khususnya bagi para Gen Z.

“Memiliki hobi sangat penting bagi setiap orang. Selain bisa menjadi pengalihan saat sedang stres atau jenuh, hobi juga bisa dijadikan sebagai aktivitas mengisi waktu luang yang bahkan bisa melatih skill dan kreativitas hingga menjadi salah satu sumber pendapatan,” ujarnya.

Dia pun menyebutkan beberapa rekomendasi hobi bagi para Gen Z yang jika ditekuni bisa membuahkan pundi-pundi rupiah.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved