HUT Kemerdekaan RI

Makna Merdeka Menurut Sandiaga Uno: Bebas dari Kemiskinan Hingga Pandemi

Sandiaga Uno berambisi menerapkan visi kemerdekaan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf).

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Choirul Arifin
Tribunnews.com/Naufal Lanten
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memiliki pandangan tersendiri dalam memaknai Hari Ulang Tahun kemerdekaan RI ke-77 tahun ini.

Menurutnya, kemerdekaan tidak hanya sekadar lepas dari jerat penjajahan oleh bangsa lain tapi juga harus dapat dijadikan sebagai tonggak pembaruan kehidupan bangsa Indonesia di segala aspek.

Mulai dari merdeka dari kemiskinan, pandemi, perpecahan, hingga pendidikan rendah yang pada akhirnya visi kemerdekaan menuju Indonesia yang maju, sejahtera, adil dan makmur.

"Arti merdeka adalah kita merdeka dari kemiskinan, merdeka dari perpecahan, merdeka dari keterpurukan, merdeka dari pendidikan yang rendah," ucap Menteri Sandiaga saat di Pulau Untung Jawa Kepulauan Seribu, Jakarta, Rabu (17/8/2022).

"Kita juga harus merdeka dari rasa khawatir, kita merdeka dari pandemi dan tentunya merdeka menuju Indonesia maju sejahtera adil dan makmur," sambungnya.

Baca juga: Kenalkan Wonderverse, Sandiaga Uno Targetkan 40 Juta Ekosistem Parekraf Masuk Dunia Metaverse

Sandiaga juga berambisi menerapkan visi kemerdekaan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf).

Pria yang akrab disapa Mas Menteri ini berambisi untuk terus menciptakan jutaan lapangan kerja di sektor parekraf, serta mendorong produk-produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dapat berkompetisi di pasar nasional bahkan global.

Baca juga: Tak Hadir di Istana Merdeka, Menteri Sandiaga Uno Ikuti Upacara HUT RI ke-77 dari Kepulauan Seribu

"Khusus di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, kita merdeka untuk membuka peluang-peluang usaha, menciptakan lapangan pekerjaan, dan merdeka untuk mendorong produk-produk UMKM kita terutama ekonomi kreatif," ujarnya.

Sebagai tambahan informasi, Menteri Sandiaga pada HUT RI ke-77 kali ini melakukan upacara di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Ia mengungkapkan, pelaksanaan upacara HUT ke-77 RI di Kepulauan Seribu merupakan arahan Presiden Joko Widodo.

Menurutnya, Presiden Jokowi telah memerintahkan sebagian Menteri untuk melaksanakan upacara tidak di Istana Negara, melainkan di beberapa daerah di Indonesia.

"Kita baru saja mengikuti upacara hari kemerdekaan dan detik-detik proklamasi langsung dari destinasi unggulan Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu," ucap Menteri Sandi.

"Tentunya ini mengikuti arahan dari Pak Presiden untuk hadir menyapa masyarakat langsung di tiap-tiap dan sentra-sentra tugas dan fungsi masing-masing Kementerian," pungkasnya.

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved