Virus Corona

Obat Flu Avigan Dipercaya Atasi Corona, Ini Penjelasannya

Sebuah obat dari Jepang bernama Avigan, dipercaya efektif untuk menangani virus corona yang telah menjadi pandemi. Ini penjelasannya.

Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S
Virus Corona - Sebuah obat dari Jepang bernama Avigan, dipercaya efektif untuk menangani virus corona yang telah menjadi pandemi. Ini penjelasannya. 

TRIBUNNEWS.COM - Sebuah obat dari Jepang yang digunakan untuk mengobati flu tampaknya efektif untuk mengobati virus corona.

Obat antivirus bernama Favipiravir atau Avigan itu menunjukkan hasil positif dalam uji klinis yang melibatkan 340 orang di Wuhan dan Shenzhen.

"Obat ini memiliki tingkat keamanan yang terbukti tinggi dan jelas efektif untuk digunakan (melawan virus corona)," ucap Zhang Xinmin, dari kementerian ilmu pengetahuan dan teknologi China, seperti dilaporkan The Guardian (17/3/2020).

Obat antivirus yang dikembangkan oleh Fujifilm Toyama Chemical itu diproduksi oleh Zheijang Hisun Pharmaceutical untuk mengobati virus influenza.

Bulan lalu, obat itu diakui sebagai pengobatan eksperimental untuk infeksi Covid-19.

Baca: MUI Imbau Jamaah Ijtima di Gowa Tak Menganggap Enteng Wabah Virus Corona

Baca: Tertekan Corona, Menkeu Sri Mulyani Sebut Ekonomi RI Bisa Tumbuh 4,5 Persen

Penelitian

Pasien positif Covid-19 di Shenzhen diberi obat Avigan oleh para ahli. Empat hari setelah diberikan obat tersebut, mereka dites kembali dan hasil tes virus negatif.

Meski begitu, setengah pasien yang dites menunjukkan hasil negatif lebih awal dan setengahnya lagi lebih dari empat hari.

Hasil itu kemudian dibandingkan dengan pasien yang tidak mendapat obat Avigan.

Ahli melihat, pasien baru dinyatakan negatif 11 hari setelah tertular.

Hasil rontgen memperlihatkan paru-paru pasien bersih setelah sel-sel imun berperang melawan virus corona. Foto kiri pada hari kelima perawatan, foto kanan pada hari ke-10.
Hasil rontgen memperlihatkan paru-paru pasien bersih setelah sel-sel imun berperang melawan virus corona. Foto kiri pada hari kelima perawatan, foto kanan pada hari ke-10. (Kompas.com via The Guardian)

Baca: Blak-blakan, Ketua Ikatan Dokter Anak Ungkap Masalah Virus Corona Tak Transparan: Ini Membahayakan

Baca: Viral di Medsos Seorang Warga Negara Tiongkok Beri Tips Cegah Virus Corona: Jangan Keluar Rumah

Halaman
1234
Editor: Whiesa Daniswara
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved