Virus Corona

Prabowo Serahkan Alat Kesehatan dari Tiongkok ke Rumah Sakit Rujukan Covid-19

Bantuan yang diberikan berupa alat-alat kesehatan (Alkes), seperti Rapid Test dan Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga kesehatan

Tribunnews.com/Igman Ibrahim
Petugas yang menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) mulai menurunkan satu persatu muatan peralatan kesehatan untuk penanggulangan Covid-19 dari pesawat C-130 Hercules A-1333 milik TNI di Terminal Selatan, Bandara Halim Perdanakusuma pada Senin (23/3/2020) pagi. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyerahkan bantuan Peralatan Kesehatan dari Republik Rakyat Tiongkok yang akan dipergunakan untuk menghadapi penanganan virus corona (COVID-19) di Indonesia ke sejumlah perwakilan rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 pada Senin (23/3) di Base Ops TNI AU, Halim Perdana Kusuma, Jakarta.

Bantuan yang diberikan berupa alat-alat kesehatan (Alkes), seperti Rapid Test dan Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga kesehatan guna menekan penyebaran wabah Covid-19 di Indonesia.

Kementerian Pertahanan RI bersama Mabes TNI mengambil langsung bantuan tersebut dengan menggunakan pesawat udara militer milik TNI AU.

Pesawat angkut berat C130 Hercules itu berangkat Sabtu (21/3) ke Tiongkok, dan mendarat di Bandara Halim Perdana Kusumah, Jakarta Senin (23/3/2020).

Baca: Anies: Petugas Medis di Jakarta Rata-Rata Butuh 1.000 APD Per Hari

Usai penyerahan secara simbolis, Prabowo menyampaikan bahwa penyerahan bantuan tersebut menunjukkan keseriusan seluruh pihak dalam rangka menghadapi ancaman Covid-19.

Para pihak tersebut di antaranya semua pemerintah Republik Indonesia, pemerintah negara sahabat seperti Republik Rakyat Tiongkok, perusahaan swasta dari Tiongkok dan perusahaaan swasta dari Indonesia.

Prabowo juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua unsur-unsur yang telah bekerjasama, baik kepada pemerintah Republik Rakyat Tiongkok dan juga kepada perusahaan - perusahaan investor.

Baca: Gojek Hentikan Sementara Tagihan Cicilan untuk Driver yang Jalani Perawatan

"Kita sangat serius memandang ancaman yang kita hadapi ini adalah ancaman untuk kita semua bukan saja seluruh bangsa Indonesia tapi seluruh dunia," kata Prabowo dalam siaran pers Biro Humas Setjen Kemhan pada Senin (23/3/2020).

Ia mengatakan, dalam menghadapi ancaman Covid-19, diperlukan kerjasama yang baik dari semua pihak dengan saling mendukung dan membantu.

"Ini saatnya kita bersatu ini, saatnya kita bahu-membahu menghadapi ini, karena seluruh dunia dalam ancaman," kata Prabowo.

Halaman
12
Penulis: Gita Irawan
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved