Virus Corona

Sebelum Didistribusikan Bantuan Peralatan Kesehatan Bakal Disimpan Sementara di Gudang TNI

Kami masukkan dulu atau istilahnya unloading, masuk ke dalam gudang TNI. Dan diperiksa baik kebersihan dan detil barang tersebut diperiksa

Igman Ibrahim/Tribunnews.com
Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Fajar Adriyanto saat memantau pengangkutan peralatan kesehatan dari Tiongkok di Terminal Selatan Bandara Halim Perdanakusuma pada Senin (23/3/2020) pagi. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bantuan peralatan kesehatan yang berasal dari Tiongkok akan disimpan sementara di gudang TNI di sekitar Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur sebelum didistribusikan ke rumah sakit di seluruh Indonesia.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Fajar Adriyanto mengatakan, nantinya peralatan kesehatan itu akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut sebelum didistribusikan. Salah satunya terkait kebersihan barang.

"Kami masukkan dulu atau istilahnya unloading, masuk ke dalam gudang TNI. Dan diperiksa baik kebersihan dan detil barang tersebut diperiksa," kata Fajar saat memantau pengangkutan peralatan kesehatan tersebut di Terminal Selatan Bandara Halim Perdanakusuma pada Senin (23/3/2020).

Baca: Maruf Amin Minta MUI Terbitkan Fatwa Salat Tanpa Wudu bagi Tenaga Medis yang Tangani Corona

Nantinya, imbuh Fajar, akan ada tim tersendiri yang bertugas memilah untuk mendistribusikan peralatan kesehatan tersebut ke sejumlah wilayah di Indonesia.

"Dipilah pembagiannya kemana mana nanti ada gugus depan untuk mengatasi itu," ungkap dia.

Dalam pendistribusian ini, Fajar mengatakan, pihaknya bakal berkoordinasi dengan semua pihak untuk membantu pendistribusian tersebut. Termasuk dengan Gugus Tugas Penanganan Covid-19.

Baca: Dua Karyawan Indosat Ooredoo Dinyatakan Positif Covid-19

"Semuanya terlibat, kita semua komponen bangsa antara semua jajaran termasuk TNI semua terlibat dalam kegiatan ini," pungkasnya.

Sebagai informasi, Peralatan kesehatan dari Tiongkok yang dibawa menggunakan pesawat C-130 Hercules milik TNI AU tersebut, merupakan hasil kerja sama G to G antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok.

Keberangkatan pesawat C-130 tersebut, sesuai dengan permintaan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto kepada Panglima TNI untuk memberikan dukungan pesawat TNI dalam rangka mengambil alat-alat kesehatan untuk penanggulangan virus corona di Indonesia.

Adapun alat kesehatan tersebut terdiri dari disposable masks, N95 masks, protective clothing, goggles, gloves, shoe covers, infrared thermometer, dan surgical caps. Total ada 12 ton alat kesehatan yang mereka bawa.

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved