Breaking News:

Virus Corona

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Kamera Thermal untuk Deteksi Dini Virus Corona

ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar penggunaan kamera thermal tepat sasaran dan efektif dalam pengawasan potensi penyebaran virus Covid-19

HO/Professtama
Kamera thermal untuk mengukur suhu tubuh. 

TRIBUNNEWS.COM - Ketua Umum Asosiasi Teknologi dan Industri Sekuriti Indonesia (ATISI), Dr Sanny Suharli, mengatakan penggunaan kamera thermal di area publik lebih direkomendasikan dibanding termometer tembak dalam pengawasan potensi penyebaran virus Covid-19 atau Virus Corona.

"Karena memiliki kontak lebih sedikit, akurasi lebih baik, dan minim human error. Baiknya selama pembatasan aktivitas di ruang publik 14 – 28 hari ke depan, berbagai area penting seperti bandara, stasiun, pelabuhan, terminal, MICE, perkantoran, hotel, mall, supermarket, apartemen, perumahan, dan sekolah mulai memasang kamera thermal untuk meningkatkan keamanan masyarakat, sekaligus mengantisipasi lonjakan aktivitas pada bulan Ramadan dan Idul Fitri,” kata Sanny.

Dia juga mengimbau agar pelaku bisnis dan perusahaan untuk bersama-sama mencegah penyebaran wabah Covid-19.

Mulai dari beraktivitas atau bekerja di rumah saja, menjaga jarak dan kebersihan, meningkatkan imunitas, serta menjalankan rekomendasi pemerintah dan World Health Organization (WHO).

"Satu hal yang tak kalah penting juga meningkatkan upaya deteksi dini dengan menggunakan kamera thermal di ruang publik atau tempat yang memiliki arus keluar masuk lebih dari 200 pengunjung," katanya.

Terkait penggunaan kamera thermal dalam upaya peningkatan pengawasan potensi penyebaran virus Covid-19 atau Virus Corona ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar penggunaan kamera thermal tepat sasaran dan efektif.

Irwandi Salim, Presiden Direktur PT Professtama Teknik Cemerlang (Professtama), sebuah perusahaan solusi teknologi sekuriti, menjelaskan adanya peningkatan permintaan kamera thermal Jisung Protech lebih dari 10 kali lipat karena rekomendasi WHO untuk mengukur suhu tubuh sebagai langkah awal deteksi Covid-19

Soal penggunaan kamera thermal agar tepat sasaran dan efektif, Professtama menyampaikan tiga tips memilih kamera thermal, sebagai langkah awal untuk deteksi dini virus corona (Covid-19).

1) Pilih kamera thermal dengan tingkat akurasi di bawah 0,5°C

Ada banyak jenis kamera thermal. Yang paling penting adalah menggunakan kamera thermal khusus untuk manusia, bukan kamera thermal untuk industri.

Halaman
12
Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved