Virus Corona

Gugus Tugas Covid-19: Indonesia Masih Butuhkan 1.500 Dokter dan 2.500 Perawat

Koordinator Relawan Gugus Tugas Covid-19 Andre Rahadian menyebutkan Indonesia masih membutuhkan 1.500 dokter dan 2.500 perawat untuk tangani corona.

Gugus Tugas Covid-19: Indonesia Masih Butuhkan 1.500 Dokter dan 2.500 Perawat
Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S
Virus Corona 

TRIBUNNEWS.COM - Koordinator Relawan Gugus Tugas Covid-19 Andre Rahadian menyampaikan Indonesia masih membutuhkan 1.500 dokter untuk menangani sebaran virus corona (Covid-19).

Tak hanya itu, Indonesia juga masih memerlukan 2.500 perawat dan tenaga pendukung lainnya.

Gugus Tugas Covid-19 pun memanggil para relawan di Indonesia untuk bersedia menjadi bagian dari pejuang kemanusiaan.

Baca: Kenali Gejala dan Ciri-ciri Virus Corona, Berikut Perbedaannya dengan Influenza dan Flu

"Saat ini Indonesia membutuhkan 1.500 dokter, terutama dokter spesialis paru, dokter spesialis anestesi, dan juga dokter umum, pranata lab, sekitar 2.500 perawat, dan juga bagian administrasi rumah sakit, sampai ke sopir ambulans," tutur Andre dalam konferensi pers yang disiarkan langsung di kanal Youtube BNPB, Kamis (26/3/2020).

"Ini semua kita terima dan kita panggil sebagai relawan untuk persiapan kita menghadapi pandemi ini," sambungnya.

Menurut Andre, saat ini Gugus Tugas Covid-19 telah membuka pendaftaran bagi para relawan di laman resmi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). 

"Gugus Tugas bekerjasama bersama berbagai asosiasi, LSM, perguruan tinggi, bersama-sama mengajak semua elemen untuk bergabung menjadi relawan, dimana para dokter, perawat, dan administrasi rumah sakit berada di gugus depan menangani pasien, menangani rumah sakit," terangnya.

Adapun, Andre menyebutkan, para mahasiwa juga turut dilibatkan untuk menangani pandemi ini.

"Sementara teman-teman mahasiswa tingkat akhir akan menjadi lapis kedua bagian dari pencegahan, teman-teman mahasiswa akan membantu konsultasi baik psikologis maupun medis yang akan dilakukan melalui platform online yang akan dilakukan minggu ini," kata Andre.

"Semua akan diluncurkan, hari ini sudah diluncurkan desk relawan, mungkin besok akan dilakukan secara masif pembukaan pendaftaran ini," sambungnya.

Halaman
123
Penulis: Widyadewi Metta Adya Irani
Editor: Daryono
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved