Virus Corona

Kasus Corona Meningkat, PT KAI Batalkan 28 Perjalanan Kereta dari Jakarta, Berikut Daftarnya

Sebanyak 28 perjalanan kereta api keberangkatan Stasiun Gambir, Pasar Senen, dan Jakarta Kota dibatalkan mulai 1 April - 1 Mei 2020, ini daftarnya.

Tribunnews.com/ Hari Darmawan
Sebanyak 28 perjalanan kereta api keberangkatan Stasiun Gambir, Pasar Senen, dan Jakarta Kota dibatalkan mulai 1 April - 1 Mei 2020. 

TRIBUNNEWS.COM - PT Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero) kembali mengambil kebijakan terkait meningkatnya penyebaran virus corona (COVID-19) di Indonesia.

Dalam upaya memutus rantai penyebaran virus corona, PT KAI Daop 1 Jakarta membatalkan perjalanan 28 kereta api jarak jauh keberangkatan Stasiun Gambir, Pasar Senen, dan Jakarta Kota.

Jumlah tersebut terbagi atas 17 kereta api dari Stasiun Gambir, 9 kereta api dari Stasiun Pasar Senen, dan 2 kereta api dari Stasiun Jakarta Kota.

Pembatalan tahap dua yang dilakukan PT KAI Daop 1 Jakarta ini sejalan dengan arahan pemerintah yang meminta masyarakat mengurangi mobilitasnya di luar rumah.

Baca: Cara Membatalkan Tiket Kereta Api di KAI Access atau Stasiun, Masa Darurat Corona Refund 100 Persen

Khusus di Daop 1 Jakarta, pembatalan perjalanan kereta api tahap dua dilaksanakan dalam kurun waktu mulai 1 April sampai dengan 1 Mei 2020. 

Kepala Hubungan Masyarakat (Kahumas) PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, memastikan jarak antar penumpang di kereta tetap diterapkankan melalui pengaturan oleh petugas meskipun terdapat sejumlah pengurangan jadwal.

"Saat ini volume penumpang juga tidak sepadat di waktu normal bahkan jauh menurun. Untuk stasiun keberangkatan di area Daop 1 Jakarta rata-rata terdapat penurunan volume hingga 70 persen," ungkap Eva dalam keterangan tertulis yang diterima Tribunnews.com, Minggu (29/3/2020).

Eva menyampaikan, calon penumpang yang terdampak pembatalan kereta api pada kurun waktu tersebut dapat mengajukan pengembalian bea tiket secara penuh atau 100 persen di luar bea pesan.

Senior Manager Humas DAOP 1 Jakarta Eva Chairunisa saat ditemui di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Jumat (31/5/2019).
Senior Manager Humas DAOP 1 Jakarta Eva Chairunisa saat ditemui di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Jumat (31/5/2019). (Fransiskus Adhiyuda/Tribunnews.com)

Kali ini, PT KAI tidak mengalihkan penumpang yang jadwalnya batal ke perjalanan kereta api lainnya.

Kendati demikian, penumpang tetap dapat melakukan pembelian tiket dengan jadwal kereta api lain secara mandiri.

Halaman
1234
Penulis: Widyadewi Metta Adya Irani
Editor: Wulan Kurnia Putri
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved