Virus Corona

Kemenhub Akan Gelar Rapat Terbatas Besok Bahas Soal Lockdown Untuk Wilayah Jabodetabek

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi, mengatakan kemungkinan lockdown di wilayah Jakarta dan sekitarnya akan diputuskan besok.

TRIBUNNEWS/HARI DARMAWAN
Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.com, JAKARTA - Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Budi Setiyadi, mengatakan kemungkinan lockdown atau karantina di wilayah Jakarta dan sekitarnya akan diputuskan besok.

Ia mengatakan, Senin (30/3/2020) akan ada rapat terbatas dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, untuk membahas soal lockdown guna mencegah semakin meluasnya penyebaran virus corona ata Covid-19.

"Tentunya pembahasan mengenai lockdown ini, untuk pencegahan wabah virus corona atau Covid-19, menyebar ke wilayah lainnya," ucap Budi Setiadi saat dihubungi Tribunnews.com, Minggu (30/3/202).

Baca: KPU Pertimbangkan Pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 Ditunda Satu Tahun Imbas Pandemi Virus Corona

"Besok akan ada rapat, kalau bisa saya merekomendasikan untuk mengambil kebijakan mengkarantina daerah Jakarta dan sekitarnya seperti Bogor, Depok, Tanggerang, dan bekasi," lanjut Budi.

Sebelumnya dalam video konferensi pada Jumat (27/3/2020), Budi menyebutkan telah menyusun skema apabila memang terjadi karantina total.

"Dalam skema ini, kami juga secara teknis akan bekerja sama dengan TNI dan Polri serta dinas perhubungan di setiap wilayah untuk menutup titik akses yang akan ditutup," ucap Budi, Jumat (27/3/2020).

Baca: Pemerintah Tegaskan Tak Ada Lockdown tapi Karantina Wilayah, Ini Pengertian Keduanya

Budi juga mengatakan, saat ini pihaknya telah mengimbau agar masyarakat tidak melakukan mudik agar penyebaran Covid-19 tidak semakin meluas.

"Untuk saat ini kita imbau, tetapi nanti mungkin akan ada pelarangan. Bila sudah ada pelarangan tentu kami akan bekerja sama dengan TNI dan Polri dengan beberapa skema," ucap Budi.

Baca: UPDATE Corona di Jawa Barat, 29 Maret 2020: 119 Kasus Positif, 19 Meninggal

Lanjutnya, nantinya akan ada skema untuk dapat dilakukan penyekatan pemudik dari Jabodetabek oleh TNI dan Polri, dan bila sudah terlanjur ada di jalan tol ataupun arteri akan dipaksa untuk kembali pulang.

Halaman
1234
Penulis: Hari Darmawan
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved