Virus Corona

Volume Penumpang Menurun, PT KAI Batalkan 21 Perjalanan KA Lokal

Mulai 1 April 2020 PT KAI Daop 1 Jakarta berlakukan pembatalan 21 jadwal perjalanan KA Lokal, ini jadwalnya.

TribunJakarta.com/Dwi Putra Kesuma
VP Komunikasi PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) Eva Chairunisa dijumpai wartawan di lokasi anjloknya KRL di Kebon Pedes, Kota Bogor, Minggu (10/3/2019) 

TRIBUNNEWS.COM - Merebaknya virus corona (COVID-19) berdampak pada PT Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero).

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, menyebutkan volume pengguna jasa kereta api mengalami penurunan yang cukup signifikan, yakni sekitar 70 persen.

Dengan kondisi tersebut, PT KAI pun mengambil kebijakan melakukan pembatasan perjalanan kereta api (KA).

Setelah membatalkan perjalanan pada KA Jarak Jauh, kini PT KAI Daop 1 Jakarta memberlakukan pemberhentian operasional atau batal jalan pada pelayanan 21 KA Lokal, dalam kurun waktu 1 April sampai dengan 30 April 2020.

Senior Manager DAOP I PT KAI Eva Chairunisa saat ditemui di Stasiun Senen, Jakarta Pusat, Minggu (2/6/2019).
Senior Manager DAOP I PT KAI Eva Chairunisa saat ditemui di Stasiun Senen, Jakarta Pusat, Minggu (2/6/2019). (Tribunnews.com/Ria Anatasia)

"Selain pembatalan untuk sejumlah perjalanan pada KA Jarak Jauh, pada tgl 1 April 2020 sampai dengan tanggal 1 Mei 2020, perjalanan KA Lokal di area Daop 1 Jakarta juga akan dilakukan pembatalan," ungkap Eva pada Tribunnews.com, Senin (30/3/2020).

"Ini di antaranya ada perjalanan KA Lokal Pangrango, ini relasi Sukabumi-Bogor, sekitar 6 perjalanan akan dibatalkan PP (pulang-pergi). 

Kemudian juga ada relasi Sukabumi-Cianjur KA Lokal Siliwangi dan juga perjalanan KA Lokal Merak-Rakasbitung ini akan dibatalkan seluruh perjalanannya," sambungnya.

Baca: Jokowi Ungkap Masyarakat Terpaksa Mudik, Penghasilan Turun karena Corona, Ini Tindakannya

Eva menyampaikan, calon penumpang KA Lokal yang terdampak pembatalan pada kurun waktu tersebut dapat mengajukan pengembalian bea tiket secara penuh di luar bea pesan.

Untuk melakukan pembatalan tiket tersebut, Eva mengimbau para calon penumpang melakukannya secara online di aplikasi KAI Access versi terbaru.

"Kemudian dapat kita informasikan bagi para pengguna jasa yang terdampak pada jadwal KA Lokal yang dibatalkan ini, dapat melakukan proses pengembalian tiket melalui aplikasi KAI Access, sehingga tidak perlu datang ke loket di stasiun," tutur Eva.

Halaman
1234
Penulis: Widyadewi Metta Adya Irani
Editor: Tiara Shelavie
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved