Virus Corona

Jika Pandemi Corona Berakhir, RS di Pulau Galang Akan Digunakan untuk Penelitian

Presiden Joko Widodo mengatakap Rumah Sakit darurat di Pulau Galang Kepulauan Riau akan mulai dioperasionalkan Senin (6/4/2020) pekan depan.

Tangkap layar channel YouTube KompasTV
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau RS Darurat di Pulau Galang 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Joko Widodo mengatakan Rumah Sakit darurat di Pulau Galang, Kepulauan Riau akan dialihfungsikan untuk tempat penelitian dan rumah sakit penyakit menular jika masa pandemi Corona telah berakhir.

Hal itu disampaikan Jokowi ketika melakukan peninjuan di rumah sakit darurat di Pulau Galang, Rabu (1/4/2020) siang seperti disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Presiden Jokowi mengatakan, Rumah Sakit darurat di Pulau Galang Kepulauan Riau akan mulai dioperasionalkan Senin (6/4/2020) pekan depan.

Presiden mengungkapkan, memang ada sedikit keterlambatan operasional dari jadwal yang semula diperkirakan, hal itu karena kendala material yang terlambat.

Baca: Ganjar Pranowo Sebut Penyemprotan Disinfektan ke Manusia Justru Bahaya & Tak Bisa Bunuh Corona

Baca: Melihat Nasib Warga Kelas Bawah akibat Corona, Haris Azhar: Kerja Mati, Enggak Kerja Mati

"Ini maksimal senin bisa dioperasikan, memang ada keterlambatan kemarin, 3-4 hari karfena ada trasportasi bahan material yang terkendala karena cuaca," kata Jokowi dalam keterangannya seperti disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Dikatakan Jokowi, fasilitas rumah sakit darurat di Pulau Galang ini, disiapkan untuk mengantisipasi jika ada kebutuhan yang mendesak.

Ia mengatakan, penggunaan rumah sakit darurat di pulau galang ini sama seperti Wisma Atlet di Jakarta yang sudah dioperasionalkan beberapa hari lalu.

"Semuanya ini memang kita rencanakan dan kita siapkan, kita berharap tidak terjadi, tapi paling tidak kita siap," kata dia.

Baca: Melihat Nasib Warga Kelas Bawah akibat Corona, Haris Azhar: Kerja Mati, Enggak Kerja Mati

Baca: ‎10 Orang Positif Corona di Papua, Brimob Semprot Disinfektan ke Perkampungan Asmat

Fasilitas di RS darurat di Pulau Galang ini, menurut Jokowi, terdiri sekitar 410 bed dengan beberapa pembagian untuk ruang untuk isolasi, ICU dan non ICU.

"Disini juga sama, 360 bed dan untuk isolasi 20 yang ICU, dan 30 yang non ICU, kita harapkan ini tidak dipakai, tapi kita siapkan, kita siap," terangnya.

Halaman
12
Penulis: Arif Tio Buqi Abdulah
Editor: Whiesa Daniswara
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved