Virus Corona

Ma'ruf Bakal Tindaklanjuti Kerja Sama 3 Provinsi soal Penanganan Virus Corona

Menurut Maruf koordinasi yang dilakukan oleh ketiga provinsi tersebut tidak sebatas penanganan Covid-19,

Dokumentasi Setwapres
Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat menjalani sesi wawancara virtual, Rabu (18/3/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA --Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyebut akan menindaklanjuti permintaan sejumlah gubernur untuk koordinasi dalam penanganan virus corona di wilayah terkait.

Tiga gubernur yang meminta hal tersebut yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Gubernur Banten Wahidin Halim.

"Koordinasi antara DKI, Jawa Barat, dan Banten nanti akan kami tindaklanjuti supaya ada kerja sama," ujar Ma'ruf Amin dalam teleconference dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Jumat (3/4/2020).

Menurut Ma'ruf koordinasi yang dilakukan oleh ketiga provinsi tersebut tidak sebatas penanganan Covid-19, tetapi juga masalah lainnya.

Baca: Sesmenpora: Kalau PON Mundur Kemungkinan Digelar Awal Maret 2021

Baca: Bhayangkara FC Bakal Gelar Aksi Sosial Untuk Bantu Redakan Wabah Covid-19

Baca: Waktu Belum Kerja Dari Rumah, Poppy Sovia Ekstra Jaga Kebersihan dan Minum Ramuan Rempah-rempah

Disebutkan Ma'ruf , ada penanggulangan banjir dan perencanaan daerah musti ada koordinasi.

"Ada konsep terintegrasi. Ini ternyata upaya-upaya melakukan koordinasi juga harus jadi prioritas. Kami akan coba fasilitasi," ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengusulkan agar ada perhatian terkait penanganan virus corona di kawasan Jabodetabek kepada Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin. 

Kang Emil, begitu ia disapa, beralasan bahwa penduduk di Jawa Barat mencapai angka 50 juta dan aktivitasnya hampir sebagian besar dilakukan di Jabodetabek. 

"Sudah satu besarnya seperti Korea Selatan kurang-lebih seperti itu. Hasil tiap hari kementerian pusat 70 persen itu memang berputar di Jabodetabek, Pak Wapres," ujar Kang Emil, dalam teleconference dengan Ma'ruf, Jumat (3/4/2020). 

"Sehingga memang salah satu yang harus Bapak Wakil Presiden berikan atensi adalah gerak tiga provinsi ini," imbuhnya. 

Dia mengaku memang belum ada komunikasi yang intensif antara para gubernur di kawasan Jabodetabek. Dan hal itu menurutnya perlu difasilitasi secara teknis. 

Karena apabila Jabodetabek kompak dan serempak terkait kebijakan distribusi alat dan sebagainya, Kang Emil meyakini minimal 70 persen persebaran Covid-19 bisa terkendalikan dalam satu frekuensi. 

Namun, dia memahami kesibukan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Banten Wahidin Halim masing-masing. Oleh karenanya, Kang Emil mengusulkan agar penanganan Covid-19 di Jabodetabek dipimpin oleh menteri. 

"Saya tidak bisa inisiatif terlalu jauh, karena saya paham Pak Anies dan Pak Wahidin juga sibuk dengan apa yang kami lakukan juga. Jadi Bapak mungkin bisa tugaskan level menteri untuk melakukan hal ini skala rutin, itu skalanya," tandasnya.

Penulis: Reza Deni
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved