Virus Corona

Disiapkan 3 Tower yang Mampu Tampung 4.916 Pasien dan 2.458 Tenaga Medis di RS Darurat Wisma Atlet

Kementerian PUPR akan kembali mempersiapan dan merenovasi tiga tower tambahan yakni tower 2, 4 dan 5 Wisma Atlet Kemayoran sebagai Rumah Sakit Darurat

Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Petugas dari TNI sedang mendata kendaraan keluar masuk Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (3/4/2020). Jumlah pasien terkait wabah virus corona (Covid-19) yang dirawat di RS Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet masih terus bertambah. Hingga saat ini ada 453 orang yang dirawat di rumah sakit tersebut. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan kembali mempersiapkan tambahan sebanyak tiga tower tambahan di Wisma Atlet Kemayoran guna penanganan pasien Covid-19.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid mengatakan tiga tower yang akan dipersiapan tersebut antara lain tower 2, 4 dan 5.

"Kementerian PUPR akan kembali mempersiapan dan merenovasi tiga tower tambahan yakni tower 2, 4 dan 5 Wisma Atlet Kemayoran sebagai Rumah Sakit Darurat Covid-19," kata Khalawi dalam keterangan resmi Bagian Hukum dan Komunikasi Publik Ditjen Perumahan Kementerian PUPR pada Rabu (8/4/2020).

Baca: Kemendagri: Jangan Mudik, Sayangi Orang Tua di Kampung

Khalawi menjelaskan pada pembangunan RS Darurat Covid-19 tahap dua ini rencananya Kementerian PUPR tengah menyiapkan penambahan daya tampung pasien Covid-19.

Selain itu pada pembangunan tahap dua tersebut disiapkan juga penyediaaan hunian yang layak bagi tim paramedis antara lain dokter dan perawat yang bertugas selama 24 jam di RS Darurat Covid-19 tersebut.

Khalawi mengatakan, tower 2 nantinya akan diperuntukan bagi para dokter dan perawat.

"Tower 2 tersebut memiliki kapasitas 886 unit dan mampu menampung sebanyak 2.458 orang tim paramedis," kata Khalawi.

Selain hunian untuk tim paramedis, Kementerian PUPR akan menambah ruang rawat inap bagi pasien di RS Darurat Covid-19 di tower 4 dan 5.

Baca: Ronaldinho Jalani Masa Tahanan Rumah dengan Penuh Kemewahan

"Masing-masing tower memiliki kapasitas 886 unit dan mampu menampung 2.458 pasien," kata Khalawi.

Selain itu Kementerian PUPR juga akan melakukan sejumlah perubahan fungsi bangunan di Wisma Atlet Kemayoran yakni peningkatan fungsi tower 6 sebagai Ruang Rawat Inap menjadi Rumah Sakit.

Halaman
12
Penulis: Gita Irawan
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved