Breaking News:

Virus Corona

Luhut Mengumpamakan Larangan Mudik Seperti Operasi Militer

Menteri Perhubungan ad interim Luhut Binsar Panjaitan mengatakan larangan tersebut diterapkan setelah kementeriannya melakukan tiga kali survei.

Fitri Wulandari/Tribunnews.com
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam acara 'Soft Launching Agriculture War Room (AWR)' di gedung Kementerian Pertanian, Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (4/2/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Pemerintah memutuskan memberlakukan larangan mudik karena adanya penyebaran Covid-19 atau virus corona.

Larangan mudik akan mulai deterapkan pada 24 Maret 2020.

Menteri Perhubungan ad interim Luhut Binsar Panjaitan mengatakan larangan tersebut diterapkan setelah kementeriannya melakukan tiga kali survei.

Berdasarkan survei terkahir pada 15 April lalu ternyata masih ada 24 persen masyarakat yang akan mudik pada bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1441 H.

Baca: Curhatan Pelatih Barcelona di Tengah Wabah Corona, Singgung Messi hingga Transfer Musim Panas

"Atas dasar itu dalam rapat terbatas tentang pembahasan antisipasi mudik melalui video conference pada selasa tanggal 21 April 2020, pemerintah memutuskan untuk melakukan pelarangan mudik pada saat ramadhan 1441 Hijriah maupun Hari raya Idul Fitri," kata Luhut dalam video conference, Selasa (21/4/2020).

Luhut mengatakan larangan mudik diberlakukan setelah pemerintah memberikan sejumlah bantuan Sembako kepada warga lapisan bawah di Jakarta dan daerah penyangganya di antaranya Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Serta dengan mengimplementasikan sejumlah program jaring pengamanan sosial bagi masyarakat mulai dari Kartu Pra-Kerja, kartu Sembako, Program Keluarga Harapan, dan lainnya.

Baca: Cut Meyriska Panik saat Hamil di Tengah Wabah Covid-19, Istri Roger Cerita soal Jenis Kelamin Bayi

Menurut Luhut akan ada sanksi bagi masyarakat yang berkeras mudik nantinya.

Sanksi tersebut baru akan diterapkan pada 7 Mei atau 13 hari setelah pemberlakukan larangan mudik.

Halaman
123
Penulis: Taufik Ismail
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved