Breaking News:

Virus Corona

Tips Menjaga Kesehatan Jiwa di Tengah Pandemi Covid-19

Menjaga kesehatan fisik dan mental di tengah pandemi virus corona atau Covid-19 sangat penting dalam rangka menjaga imunitas tubuh.

Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S
Virus Corona 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menjaga kesehatan fisik dan mental di tengah pandemi virus corona atau Covid-19 sangat penting dalam rangka menjaga imunitas tubuh.

Perwakilan Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia dr Lahargo Kembaren SpKJ memberika tips bagaimana memelihara kesehatan mental ditengah kondisi pandemi Covid–19.

Hal tersebut tersebut diiungkapkandr Lahargo Kembaren SpKJ saat melakukan konferensi pers di Media Center Gugus Tugas Nasional, Jumat (1/5/2020).

Baca: Berbagai Siasat Akali Petugas Demi Bisa Mudik: Mobil Diangkut Truk Towing Hingga Duduk Bareng Domba

Upaya pertama yang dapat dilakukan dalam rangka memelihar kesehatan mental yakni membatasi informasi yang berlebihan.

Informasi terkait dengan Covid–19 yang belum diketahui kebenaran dapat memicu kecemasan.

“Kita dapat mengurangi kecemasan dengan membatasi menonton, membaca atau mendengarkan informasi yang berlebihan. Mengambil jarak sejenak dari informasi yang berlebihan juga baik,” ujar Lahargo dilansir Tribunnews.com dari lama resmi BNPB, www.bnpb.go.id.

Baca: Cara Unik Jalani Isolasi Mandiri di Kampung Halaman: Buat Gubuk di Hutan Hingga Kemah di Tepi Sungai

Kedua yaitu memilah informasi yang diperoleh.

Masyarakat sebisa mungkin untuk mendapatkan informasi yang akurat dari sumber terpercaya dan melakukan pencegahan atau penanganan yang dianjurkan.

Membaca berita dari sumber yang keliru dapat menambah kecemasan dan kekhawatiran sehingga ini akan berdampak pada kesehatan jiwa.

Baca: Pria di Empat Lawang Jatuh ke Jurang Setelah Dikejar Babi Hutan yang Diburunya

Ketiga, masyarakat dapat menghindari perasaan yang tidak nyaman dengan melakukan hal positif, seperti menghindari merokok, mengkonsumsi alkohol dan narkoba.

“Apabila merasakan stres atau perasaan yang tidak nyaman segera berkonsultasi dengan profesional kesehatan jiwa, seperti psikiater, psikolog, konselor dan lainnya untuk mendapatkan pertolongan cepat dan tepat,” katanya.

Baca: Pola Makan yang Lebih Teratur Saat Berpuasa Bermanfaat Bagi Kesehatan Jiwa

Halaman
12
Penulis: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved