Breaking News:

Virus Corona

Bamsoet Dorong Pemerintah Berikan Beasiswa Pendidikan Spesialis Bagi Dokter Muda

Salah satu tenaga dokter spesialis yang masih kekurangan saat pandemi Covid-19 adalah dokter spesialis paru

IST
ILUSTRASI 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengapresiasi kiprah para dokter muda yang pada pandemi virus corona atau Covid-19 aktif terjun membantu para pasien.

Sebagai bentuk penghargaan, setelah pandemi Covid-19 berakhir, Bamsoet mendorong pemerintah maupun rumah sakit tempat dokter tersebut bekerja bisa memfasilitasi beasiswa menempuh pendidikan spesialis.

Baca: Persaturan Perawat Desak Pemerintah dan RS Lebih Transparan soal Data Pasien Covid-19

"Salah satu tantangan terbesar dunia kesehatan Indonesia adalah tidak meratanya persebaran dokter, khususnya dokter spesialis. Hal ini jugalah yang turut menghambat penanganan Covid-19 di berbagai daerah," ujar Bamsoet dalam keterangannya, Jakarta, Selasa (5/5/2020).

Mantan Ketua DPR RI ini menuturkan, salah satu tenaga dokter spesialis yang masih kekurangan saat pandemi Covid-19 adalah dokter spesialis paru.

Di mana, jumlahnya di Indonesia hanya sekitar 1.107 dokter dari kebutuhan ideal sekitar 2.600 dokter.

"Tak ada salahnya kita belajar dari negara Kuba, walaupun bukan termasuk negara kaya raya, namun bisa melakukan investasi besar-besaran terhadap kesehatan dengan melahirkan banyak dokter spesialis dan tenaga kesehatan," kata Bamsoet.

Data Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) per 30 April 2020, jumlah dokter di Indonesia tercatat sekitar 186.105 orang, dengan rasio satu dokter melayani 1.400-an penduduk.

Masih kalah dibanding Malaysia dengan rasio satu dokter melayani 1.100 penduduk.

Apalagi Singapura yang memiliki rasio satu dokter melayani 513 penduduk.

"Dari sekitar 186.105 dokter, hampir sebagian besarnya berada di kota-kota besar. Karenanya, para calon dokter maupun dokter muda perlu terjun ke rumah sakit di berbagai daerah," ujarnya.

Baca: Demokrat dan PKS Soroti Masuknya 500 TKA China di Tengah Banyaknya Korban PHK

Bamsoet mengingatkan, para dokter muda tidak perlu khawatir berkarir di daerah, karena nilai kemuliaan membantu pasien di daerah sama saja dengan membantu pasien di kota besar.

"Justru malah dengan berkarier di daerah, para dokter muda bisa memiliki banyak pengalaman sebagai bagian dari menempa diri," papar Bamsoet.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved