Breaking News:

Virus Corona

Kebanyakan Tak Sadar Terinfeksi Covid-19, Kaum Muda Disebut Silent Killer

Budi menyebut paling tidak gejalanya tidak khas, sementara istilah medisnya yakni Orang Tanpa Gejala (OTG).

Freepik.com
Ilustrasi virus corona. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Epidemiolog Universitas Indonesia dr. Budi Santoso menilai bahwa generasi muda dalam kaitannya dengan virus corona adalah yang tidak menimbulkan gejala.

Budi menyebut paling tidak gejalanya tidak khas, sementara istilah medisnya yakni Orang Tanpa Gejala (OTG).

"Inilah yang biasa kita sebut silent killer, karena banyak pihak yang sebenarnya salah persepsi bahwa mereka (kaum muda) sudah terkena Covid-19, tapi mereka hanya mengira ini hanya flu biasa, ini tidak apa-apa, dan tak merasakan apa pun," kata Budi dalam siaran di Youtube BNPB, Rabu (6/5/2020).

Baca: FAKTA Meninggalnya Ayah Nikita Willy: Hasil Tes Negatif Covid-19 hingga Tak Dibawa ke Rumah Duka

Baca: Peneliti China: Senyawa pada Ekstrak Akar Manis Berpotensi Obati Virus Corona

Karena itulah, kaum muda yang tidak sadar bahwa dirinya memiliki virus corona, Budi menyebut, tidak bisa menjaga komunitas atau lingkungannya.

Budi yang juga masuk tim pakar dari kalangan muda di Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengatakan generasi muda bisa berperan dalam memutus rantai penularan Covid-19.

Salah satu carinya yakni dengan disiplin memantau kondisi tubuh dan informasi terkini tentang Covid-19 dengan mengunduh Aplikasi Bersatu Lawan Corona.

"Jadi buat kaum milenal yang di rumah tak melakukan apa pun, hanya main gim, coba unduh aplikasi BLC ini. Misalkan kalian merasa tidak enak badan atau bagaimana, itu bisa mengecek status kesehatan dan kondisi melalui aplikasi BLC," pungkasnya.

Penulis: Reza Deni
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved