Breaking News:

Virus Corona

KPK Diminta Berperan Aktif Awasi Penggunaan Anggaran Penanganan Covid-19

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), sebagai lembaga penegak hukum, diminta secara aktif mengawasi penggunaan anggaran itu

TRIBUNNEWS/HERUDIN
Gedung baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jalan Kuningan Persada Jakarta Selatan, Senin (22/2/2016). Seluruh kegiatan KPK akan pindah ke gedung baru pada akhir tahun ini. (TRIBUNNEWS/HERUDIN) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pemerintah pusat dan pemerintah daerah mengalokasikan anggaran untuk penanggulangan pandemi virus corona atau Covid-19.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), sebagai lembaga penegak hukum, diminta secara aktif mengawasi penggunaan anggaran itu.

Baca: BIN Sudah Deteksi Kelompok Peretas Naikon, Data Penting Pemerintah RI Dipastikan Aman

“Apabila perlu membentuk satu badan pengawas khusus untuk anggaran Covid-19 yang melibatkan elemen masyarakat yang berintegritas atau organisasi pemuda yang layak dan betul-betul peduli di bawah naungan KPK,” kata pengamat hukum dari Universitas Suryakancana, Suci Fauzi Karenina, dalam diskusi virtual, Sabtu (9/5/2020).

Menurut dia, lembaga seperti KPK, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan elemen masyarakat sipil dapat menjadi ujung tombak pengawasan anggaran penanggulangan Covid-19 yang dikeluarkan masing-masing pemerintah pusat maupun daerah. 

Dia meminta KPK agar tidak lengah mengawasi penggunaan anggaran.

Sebab, KPK menjadi ujung tombak penegakan hukum terkait penggunaan anggaran di tengah ketidaktahuan masyarakat terkait pengalokasian anggaran tersebut.

"Sehingga masyarakat terbantu sedikit demi sedikit dan mempunyai optimisme dalam menghadapi Pandemi Covid-19," kata dia.

Dia mencontohkan, Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat yang menyiapkan anggaran sebesar Rp 100 miliar untuk penanganan Covid-19.

Halaman
1234
Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved