Breaking News:

Virus Corona

Terjadi Ledakan Kasus Covid-19 di Jawa Timur, Yurianto Sebut Ada Kendala Update Data Selama 4 Hari

Jubir Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona (Covid-19), Achmad Yurianto, menjelaskan penyebab adanya ledakan kasus Covid-19 di Jawa Timur

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Petugas Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Selatan menunjukan peti mati dengan menggunakan APD di depan Taman Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Jakarta, Kamis (21/5/2020). Kegiatan tersebut untuk menyosialisasikan pencegahan penyebaran COVID-19 yang dapat menyebabkan kematian. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM - Juru Bicara (Jubir) Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona (Covid-19), Achmad Yurianto, menjelaskan penyebab adanya ledakan kasus Covid-19 di wilayah Jawa Timur.

Berdasarkan data yang dirilis Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kamis (21/5/2020), dari 973 penambahan kasus baru, 502 di antaranya berada di wilayah Jawa Timur.

Yurianto mengatakan penyebab ledakan angka tersebut karena adanya satu laboratorium di Jawa Timur baru melaporkan setelah terjadi akumulasi data hampir 4 hari.

Oleh karena itu, Yurianto berjanji akan melakukan pemeriksaan atas kendala tersebut.

"Baru bisa laporan hari ini, saya lagi cari kenapa kok tidak bisa laporan, itu padahal by system," katanya saat dihubungi Tribunnews, Kamis .

Lewat sambungan telepon, Yurianto juga memberikan prediksinya soal angka kasus Covid-19 yang akan terus naik hingga lebaran tiba.

Ia menyebut kenaikan diakibatkan oleh sejumlah faktor yang terjadi akhir-akhir ini.

Mulai adanya aktivitas mudik hingga fenomena berbelanja tanpa mengindahkan protokol kesehatan.

"Kalau angka nasional sebenarnya prediksi kita sampai dengan lebaran ini pasti akan cenderung naik."

"Malah kita lihat minggu depan itu kalau aktivitas masyarakat tidak terkendali, kita masuk prediksi puncak nasional mestinya."

Halaman
1234
Penulis: Endra Kurniawan
Editor: Pravitri Retno Widyastuti
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved