Breaking News:

Virus Corona

Anies Bantah Ada Pembukaan Mall di Jakarta Mulai 5 Juni 2020

PSBB juga bisa diperpanjang kembali jika angka reproduksi tidak alami penurunan, dan masyarakat terpantau tidak patuh selama penerapan fase ketiga

Danang Triatmojo/Tribunnews.com
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau Stasiun MRT Bundarah HI, Jakarta Pusat, Selasa (26/5/2020) pagi/tangkapan layar siaran Youtube Sekretariat Presiden 

Laporan wartawan tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta,  Anies Baswedan menegaskan sampai sekarang tidak ada kebijakan yang mengatur soal jadwal pembukaan mall atau gedung pusat perbelanjaan.

Pernyataan Anies sekaligus membantah perihal wacana pembukaan mall pada 5 Juni 2020 mendatang seiring berakhirnya masa PSBB tahap ketiga.

"Kalau saat ini ada yang mengatakan mall akan buka tanggal 5 itu imajinasi, itu fiksi, karena belum ada aturan manapun yang mengatakan bahwa PSBB diakhiri," kata Anies usia memantau pemeriksaan di checkpoint KM 47 Tol Jakarta-Cikampek, Selasa (26/5/2020) petang.

Ia menjelaskan PSBB tahap ketiga yang berlangsung hingga 4 Juni nanti adalah fase penentuan. Fase yang memiliki dua opsi kemungkinan, bergantung pada pantauan perilaku masyarakat.

Kata dia, PSBB tahap ketiga bisa saja diakhiri jika masyarakat patuh, serta perkembangan reproduksi virus corona menunjukkan di bawah angka 1.00.

Baca: ‎Rahmat Effendi Bantah Satu Keluarga di Bekasi Positif Corona Karena Ikut Salat Id Berjamaah

Baca: Tingginya Kadar Lemak Dalam Tubuh Bisa Picu Risiko Depresi

Baca: ‎Rahmat Effendi Bantah Satu Keluarga di Bekasi Positif Corona Karena Ikut Salat Id Berjamaah

Tapi PSBB juga bisa diperpanjang kembali jika angka reproduksi tidak alami penurunan, dan masyarakat terpantau tidak patuh selama penerapan fase ketiga.

"Tidak benar, tidak ada (rencana membuka mall 5 Juni). PSBB berakhir tanggal 4 itu PSBB sekarang, tapi PSBB bisa diperpanjang, bisa berakhir. Tergantung perilaku kita semua," ungkap Anies.

"Saya selalu mengatakan bisa PSBB penghabisan, bisa PSBB diperpanjang, tergantung pantauan atas kegiatan masyarakat selama dua minggu ini," tegasnya lagi.

Sebelumnya Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat memastikan anggota APPBI DKI yang akan buka dengan penerapan new normal.

Ellen mengacu pada Pergub Nomor 489 Tahun 2020 tentang perpanjangan pelaksanaan PSBB, yang menerangkan bahwa PSBB diperpanjang selama dua pekan sejak 22 Mei hingga 4 Juni 2020.

Dalam keterangannya, Ellen menyebut secara lengkap daftar mall yang akan dibuka pada 5 Juni dan sebagian pada 8 Juni 2020.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved