Breaking News:

Ketua Gugus Tugas Covid-19 Doni Monardo Umumkan Pembukaan Kembali 9 Sektor Ekonomi

Doni Monardo menyebut, permbukaan tersebut mempertimbangkan risiko penularan yang menggunakan indikator kesehatan masyarakat berbasis dat

Istimewa
Ketua Gugus Tugas Doni Monardo. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah Indonesia melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 bakal melakukan pembukaan sembilan sektor ekonomi dalam rangka pelaksanaan masyarakat produktif aman Covid-19 atau new normal di 102 kabupaten dan kota.

Ketua Gugus Tugas Pusat sekaligus Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo menyebut, permbukaan tersebut mempertimbangkan risiko penularan yang menggunakan indikator kesehatan masyarakat berbasis data, yakni epidemiologi, surveilans kesehatan masyarakat, dan pelayanan kesehatan.

"Selain itu penilaian dampak ekonomi dilaksanakan dengan menggunakan indikator indeks dampak ekonomi dari 3 aspek yaitu aspek ketenagakerjaan, proporsi Produk Domestik Regional Bruto sektoral, dan indeks keterkaitan sektor," kata Doni Monardo dalam siaran pers yang diterima, Jumat (5/6/2020).

Baca: Enam Pemain Bhayangkara FC Sudah Latihan di Stadion PTIK, Giliran Renan da Silva Jadi Pelatih

Adapun sembilan sektor yang ditetapkan untuk dibuka kembali, dikatakan Doni, meliputi pertambangan, perminyakan, industri, konstruksi, perkebunan, pertanian dan peternakan, perikanan, logistik dan transportasi barang.

Berdasarkan keputusan yang diambil, Doni menyebut sembilan sektor tersebut dinilai memiliki risiko ancaman Covid-19 yang rendah, tetapi menciptakan lapangan kerja yang luas dan mempunyai dampak ekonomi yang signifikan.

Adapun pembukaan sektor-sektor ekonomi tersebut dilakukan oleh Kementerian terkait dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, diawali dengan edukasi, sosialisasi, dan simulasi secara bertahap.

Baca: Haris Azhar Minta KPK Ungkap Oknum yang Sembunyikan Nurhadi dan Menantunya

"Protokol pelaksanaan di masing-masing sektor dibuat oleh Kementerian/Lembaga terkait," jelas Doni.

Selain itu, Doni menambahkan pengawasan berupa monitoring dan evaluasi juga dilakukan bersama-sama Kementerian/dinas terkait, Gugus Tugas Pusat dan daerah, serta elemen masyarakat secara terus menerus.

Baca: Pengakuan Ronny Bugis Ungkap Detik-detik Penyiraman Novel Baswedan Hingga Diminta Rahmat Tutup Mulut

"Jika dalam perkembangannya ditemukan kasus Covid-19 dalam sektor tersebut, maka Gugus Tugas akan merekomendasikan kepada Kementerian terkait untuk menutup kembali aktivitasnya," kata Doni.

Halaman
1234
Berita Populer
Penulis: Reza Deni
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved