Breaking News:

Waspada Bahaya Limbah Medis Covid-19, Anggota Komisi IV DPR Ajak Warga Lebih Peduli

jika tidak dikelola dengan baik, limbah medis dari penanganan pasien dengan penyakit menular dikhawatirkan menjadi sumber penularan

HandOut/Ist
Webinar Sosialisasi Penanganan Limbah B3 Infeksius Covid-19 di Kota Serang, Banten, Rabu (10/6/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bertambahnya kasus jumlah pasien COVID-19 yang menjalani perawatan di rumah sakit membuat kegiatan pemeriksaan pasien juga semakin meningkat.

Atas hal itu, limbah atau sampah medis pun otomatis juga bertambah.

Belum lagi, sampah medis seperti masker yang dibuang masyarakat.

Kekhawatiran pun muncul berkenaan dengan pengelolaan limbah medis.

Baca: Fakta-Fakta Terungkapnya Penjualan Telur Infertil: Harga Lebih Murah, Ini Bahayanya Jika Dimakan

Sebab, jika tidak dikelola dengan baik, limbah medis dari penanganan pasien dengan penyakit menular dikhawatirkan menjadi sumber penularan penyakit bagi pasien, petugas, dan masyarakat sekitar.

Sebagai daerah yang juga terdampak penyebaran covid-19, penanganan limbah medis covid-19 di Banten mendapat perhatian serius dari banyak pihak, salah satunya Anggota Komisi IV DPR RI, Nur’aeni.

Baca: Update Kasus Corona di Indonesia Rabu 10 Juni 2020: Tambah 1.241, Total Kasus Jadi 34.316

Menurut Nuraeni, penanganan sampah medis seperti masker bekas pakai perlu menjadi perhatian, terutama masyarakat sebagai pengguna masker untuk tidak membuang sembarangan masker sekali pakai.

Penanganan lain contohnya, masyarakat terbiasa memisahkan sampah medis dengan sampah rumah tangga biasa, atau membiasakan menggunting tali masker saat hendak dibuang.

Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi oknum yang mendaur ulang masker bekas pakai.

“Semangat yang dibangun baik pusat maupun daerah memberikan nilai positif serta rasa aman dan nyaman bagi masyarakat, bahwa masyarakat juga diajak untuk peduli terhadap sampah infeksius, misalnya membuang masker secara benar,” papar Nur’aeni saat menjadi narasumber dalam webinar Sosialisasi Penanganan Limbah B3 Infeksius Covid-19 di Provinsi Banten yang disiarkan secara LIVE di akun youtube dan fanpage sultantv.co, Rabu (10/6/2020), Kota Serang, Banten.

Halaman
123
Penulis: Imanuel Nicolas Manafe
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved