Breaking News:

Virus Corona

Sekjen Kemensos Tanggapi Penilaian Lambannya Penyaluran Bansos

Hartono Laras mengatakan bahwa pencapaian kerja kementerian sosial adalah 60.38 persen.

Tribunnews.com/Mafani Fidesya Hutauruk
Sekjen Kementerian Sosial Hartono Laras 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sekjen Kementerian Sosial Hartono Laras memberikan tanggapannya terkait adanya penilaian masyarakat yang menilai lambannya kerja Kemensos dalam penyaluran bantuan sosial.

Tanggapan tersebut disampaikannya saat konferensi pers di kantor kementerian sosial terkait dengan Progres Bansos Reguler dan Khusus Kemensos Penanganan Dampak Covid-19.

Hartono Laras mengatakan bahwa pencapaian kerja kementerian sosial adalah 60.38 persen.

"Alokasi anggaran 104.4 triliun dengan capaian per hari ini bertepatan dengan tengah tahun itu 60.38 persen," ucap Sekjen Kemensos Hartono Laras.

Dirinya menjelaskan bahwa realisasi nasional ada pada 39.19 persen sehingga menurutnya kemensos jauh di atas realisasi nasional.

Baca: Mensos Laporkan Progress Penyerahan Bantuan Sosial Tunai ke DPR 

"Jadi kalau kita sudah mencapai 60.38 persen saya kira tidak lambat," kata Hartono Laras menanggapi adanya penilaian masyarakat yang mengatakan kementerian sosial lamban dalam penyaluran sosial.

Ia mengatakan kemensos sudah mengagendakan dan merencanakan sesuai rencana kerja anggaran untuk bansos khusus Covid-19 sebagaimana laporan Mensos kepada Presiden.

"Inshaallah nanti jadwalnya akan berakhir di tanggal 15 Juli dan kami meyakini sebelum tanggal 15 Juli itu akan selesai semuanya menjadi 100 persen," ucapnya.

Ia mengatakan dalam melaksanakan program refocusing kegiatan dan realokasi anggaran Covid-19 kemensos juga melakukan perluasan untuk program perlindungan sosial.

"Program perlindungan sosial yang selama ini juga digunakan untuk program terkait dengan kemiskinan, dan program PKH BPNT. Bansos secara khusus yang sifatnya non reguler sebesar 16.2 triliun dan 3.4 triliun dibantu dari temen-temen komunitas dan lembaga. Alhamdulillah kita bisa melaksanakan tugas ini," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Mafani Fidesya Hutauruk
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved