Breaking News:

Virus Corona

Dokter Spesialis dari RSPAD akan Dilibatkan dalam Uji Klinis Anti Covid-19 di Secapa AD

Andika berharap proses penelitian uji klinis anti Covid-19 dapat lebih mudah dan lancar

TTangkapan Layar via Kompas.com
Kepala Staf TNI Angkatan Darat ( KSAD) Jenderal Andika Perkasa mendatangi Secapa AD di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (11/7/202). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak dua dokter spesialis paru-paru dan dua dokter umum dari RSPAD Gatot Soebroto Jakarta akan dilibatkan dalam uji klinis anti Covid-19 kepada pasien yang terpapar virus corona di Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat TNI AD ( Secapa AD) Bandung Jawa Barat.

Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa mengatakan rencananya tim tersebut akan mendukung tim riset dari Universitas Airlangga yang berjumlah tujuh orang dan Badan Intelijen Negara (BIN) yang berjumlah 14 orang dalam riset uji klinis anti Covid-19 tersebut.

Baca: Tim Pakar Gugus Tugas Minta Klaster Secapa TNI AD Dijadikan Pembelajaran

Andika berharap proses penelitian uji klinis anti Covid-19 dapat lebih mudah dan lancar dengan dikirimkannya dukungan tenaga medis dari RSPAD Gatot Soebroto.

"Rencana akan dikirim beberapa orang untuk bergabung dengan tim riset dari UNAIR dan BIN. Karena kita juga sudah punya dari Kesmil (Kesdam III Siliwangi) dan LAFIAD (Lembaga Farmasi Angkatan Darat) yang sudah dilibatkan," kata Andika dalam keterangan tayangan TNI AD 60 Detik yang diunggah lewat akun Instagram resmi TNI AD, @tni_angkatan_darat, pada Rabu (15/7/2020).

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat Brigjen TNI Nefra Firdaus mengatakan hingga Rabu (15/7/2020) malam sebanyak 160 pasien Covid-19 di Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD) mulai menjalani uji klinis anticovid-19.

Diberitakan, sebanyak 160 pasien tersebut diketahui bisa menjalani uji klinis anticovid-19 karena telah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. 

Nefra mengatakan mereka telah diberi obat dan dosis tertentu sesuai dengan protokol Pedoman Pelaksanaan Uji Klinis dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Baca: Kondisi Terkini dan Kegiatan Pasien Covid-19 di Secapa AD: Rutin Berolahraga Hingga Berjemur

Hingga saat ini diketahui masih ada 948 pasien positif covid-19 di Secapa AD

"Dalam hal riset pengembangan kombinasi obat untuk Anticovid 19 antara Universitas Airlangga, BIN, dan TNI AD, sampai dengan tadi malam sudah ada 160 pasien positif Covid 19 di Secapa AD yang menerima uji klinis beberapa kombinasi obat dan dosis sesuai dengan protokol Pedoman Pelaksanaan Uji Klinis dari BPOM," kata Nefra dalam keterangannya pada Kamis (16/7/2020).

Penulis: Gita Irawan
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved