Breaking News:

PMI: Protokol Kesehatan Penting Bagi Jurnalis Saat Meliput di Lapangan

Jurnalis saat meliput peristiwa di lapangan rentan terpapar virus corona atau Covid-19.

Tribunnews.com/ Larasati Dyah Utami
Dokter Heru Aryadi, pengurus Bidang Kesehatan dan Sosial dari Palang Merah Indonesia (PMI) dalam webinar bertema ‘Keselamatan Jurnalis saat Meliput di Masa Pandemi’, Kamis (13/8/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Jurnalis saat meliput peristiwa di lapangan rentan terpapar virus corona atau Covid-19.

Dokter Heru Aryadi, pengurus Bidang Kesehatan dan Sosial dari Palang Merah Indonesia (PMI) mengatakan keselamatan jurnalis saat melakukan peliputan di tengah pandemi saat ini sangat penting.

“Berbagai macam informasi penting disampaikan saat situasi (pandemi) ini,” ujar Heru dalam webinar yang diselenggarakan PMI bertema ‘Keselamatan Jurnalis saat Meliput di Masa Pandemi’, Kamis (13/8/2020).

Baca: Setelah Ridwan Kamil, Kini Doni Monardo Daftar Jadi Relawan Uji Klinis Vaksin Covid-19

Dokter Heru mengatakan, jurnalis perlu memperhatikan 3 M untuk mencegah terpapar virus saat melakukan peliputan.

Mulai dari memakai masker dengan benar, mencuci tangan dengan teratur dan benar, serta menjaga jarak saat melakukan peliputan.

Heru mengatakan, program 3 M sendiri akan digencarkan pemerintah secara bertahap mulai dari bulan Agustus hingga Desember 2020.

“Memakai masker yang dikampanyekan bulan Agustus ini dengan intens, yang kedua adalah mencuci tangan yang akan intens dilakukan pada bulan September dan menjaga jarak di bulan Oktober,” kata Heru

“Kemudian program 3 M akan di kampanyekan secara serempak pada bualn November. Terakhir di bulan Desember adalah peran ibu-ibu mengkampanyekan 3 M,” lanjutnya.

Baca: Indonesia dan Rusia Jajaki Kerja Sama Bidang Kesehatan, Termasuk Soal Vaksin Covid-19

Pengurus PMI tersebut juga menjelaskan sejumlah cara yang terkadang disepelekan masyarakat, tidak terkecuali para jurnalis saat meliput dilapangan.nSeperti saat menggunakan masker.

Halaman
123
Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved