Breaking News:

Penanganan Covid

Wali Kota Airin: Protokol Kesehatan Harus Jadi Kebutuhan

Airin Rachmi Diany menekankan pentingnya masyarakat menerapkan perilaku 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak hindari kerumunan, dan mencuci tangan.

TRIBUNJAKARTA.COM/JAISY RAHMAN TOHIR
Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany menekankan pentingnya masyarakat menerapkan perilaku 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak hindari kerumunan, dan mencuci tangan pakai sabun di air mengalir.

Airin mengatakan kedisiplinan masyarakat menerapkan protokol kesehatan harus menjadi kebutuhan bukan lagi kewajiban karena perintah undang-undang.

Hal tersebut dikatakan Airin Rachmi Diany dalam talkshow "Peluncuran Buku Pedoman Perubahan Perilaku Penanganan Covid-19” di Media Center Satgas Covid-19, Graha BNPB Jakarta, Jumat (16/10/2020) sore.

Baca juga: Polsek Pataruman Kota Banjar Rutin Datangi Titik Keramaian Setiap Akhir Pekan Sosialisasikan 3M

"Kalau sudah jadi kebutuhan, ada atau tidak ada polisi dan tentara, masyarakat tetap pakai masker. Bukan karena ada razia masker baru pakai," ujar Airin dilansir dari situs covid19.go.id.

Airin diketahui menjadi orang pertama yang menerima buku “Pedoman Perubahan Perilaku Penanganan Covid-19” yang diterbitkan Satgas Penanganan Covid-19 .

Walikota Airin menjelaskan masyarakat sudah tahu 3M dan seperti apa menuju tatanan adaptasi kebiasaan baru.

Tapi bagaimana masyarakat menjalankan pengetahuan tentang protokol kesehatan sebagai kebutuhan dan kebiasaan, hal tersebut masih menjadi pekerjaan rumah bersama.

"Ini PR (pekerjaan rumah) di lapangan agar masyarakat bisa terbiasa. Semoga buku yang disusun ini bisa memudahkan masyarakat dalam menerapkan kebiasaan baru ini," kata Airin.

Baca juga: KPU Tangerang Selatan Pupuk Budaya 3M Tumbuhkan Optimisme Masyarakat Aman Datang ke TPS

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Jawa Timur Joni Wahyuhadi mengatakan pihaknya melakukan survei selama empat bulan di masa pandemi.
Hasilnya pengetahuan masyarakat tentang Covid-19 cukup, perilaku baik, tapi dalam implementasinya tidak selalu baik.

Perubahan perilaku terhadap ketaatan protokol kesehatan, kata Joni tidak cukup hanya sebatas tahu dan mengerti.

Halaman
123
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved