Breaking News:

Virus Corona

Hadapi Pandemi Covid-19, Tak Bisa Hanya Andalkan Vaksin, Padukan dengan Disiplin Protokol Kesehatan

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan, dalam menghadapi pandemi virus Corona tak hanya andalkan vaksin, namun juga prokes.

Laman resmi Covid19.co.id
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito saat memberikan keterangan pers di Gedung BNPB, Kamis (28/1/2021) yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan, dalam menghadapi pandemi virus Corona, masyarakat tidak hanya mengandalkan satu intervensi kesehatan saja.

Seperti hanya mengandalkan vaksin saja agar tidak tertular virus Covid-19.

Menerapkan disiplin protokol kesehatan yang ketat adalah upaya melengkapi intervensi kesehatan sebagaimana diajarkan analogi Swiss Cheese Model.

Baca juga: Satgas Optimistis PPKM Berdampak Signifikan dalam Penanganan Covid-19

Baca juga: Pengusaha Dukung Presiden Jokowi Agar Tidak Ada Lockdown dalam Atasi Pandemi Covid-19

Dimana berbagai intervensi penanganan Covid-19 diibaratkan celah pada lapisan keju yang saling menutupi satu dengan lainnya dan tidak dapat ditembus dari luar.

Program vaksinasi Covid-19 di Indonesia yang dilakukan oleh pemerintah, dimulai pada Rabu (13/1) lalu di Istana Negara. Hari ini Markas Besar TNI menggelar Vaksinasi tahap pertama yang diberikan kepada para Pejabat Teras di lingkungan Mabes TNI dan Ketua Umum Dharma Pertiwi beserta para pengurusnya, bertempat di Aula Gatot Soebroto, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (4/2/2021). TRIBUNNEWS.COM/PUSPEN TNI
Program vaksinasi Covid-19 di Indonesia yang dilakukan oleh pemerintah, dimulai pada Rabu (13/1) lalu di Istana Negara. Hari ini Markas Besar TNI menggelar Vaksinasi tahap pertama yang diberikan kepada para Pejabat Teras di lingkungan Mabes TNI dan Ketua Umum Dharma Pertiwi beserta para pengurusnya, bertempat di Aula Gatot Soebroto, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (4/2/2021). TRIBUNNEWS.COM/PUSPEN TNI (TRIBUNNEWS.COM/PUSPEN TNI)

Wiku menyatakan lapisan keju itu bagaikan setiap jenis intervensi penanganan Covid-19 dengan celahnya masing-masing yang semakin signifikan mencegah infeksi jika dilakukan bersamaan.

Hal itu disampaikan Wiku saat memberi keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19 yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (4/2/2021).

"Hal ini akan berlaku sebaliknya, jika masyarakat hanya mengandalkan satu intevensi tunggal, maka kekurangan yang ada tidak akan tersokong dan malah akan memperburuk keadaan," kata Wiku.

Dan penting diingat, bahwa bukan hanya tingkat efektivitas suatu intevensi, namun juga sangat bergantung dengan lapisan proteksi majemuk.

Sebagai contoh, jika terdapat dua orang memakai masker dan hanya salah satu yang memakai masker 3 lapisan dan tepat menutup hindung dan mulut, maka sudah bisa ditebak mana yang lebih berisiko terpapar Covid-19.

Halaman
12
Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved