Breaking News:

Penanganan Covid

Vaksinasi Lansia Masyarakat Umum Dijadwalkan Maret 2021

Berdasar tingkat risiko terpapar Covid-19, ujar Nadia, lansia termasuk dalam kelompok berisiko tinggi terinfeksi virus corona.

SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
VAKSINASI NAKES LANSIA - Salah satu nakes lansia di RS Husada Utama saat mengikuti vaksinasi, Senin (8/2). RS Husada Utama mulai melakukan vaksinasi kepada nakes lansia dimana hari pertama diikuti 22 nakes lansia. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Jubir vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid mengatakan, vaksinasi Covid-19 untuk kelompok lanjut usia (lansia) non tenaga kesehatan akan dilakukan pada Maret 2021.

Ia mengatakan, pelaksanaan vaksinasinya akan dilakukan paralel dengan vaksinasi untuk petugas pelayanan publik.

"Untuk lansia lainnya (non nakes) ini akan secara paralel tetap akan kita berikan pada saat pemberian vaksinasi untuk petugas pelayanan publik," ujarnya dalam kegiatan virtual "Sosialisasi Vaksinasi Covid-19", Selasa (9/2/2021).

Baca juga: Kisah Asmara Segitiga Janda Sidoarjo dengan 2 Pria Lansia, Cemburu Buta Jupri Berujung Penjara

Berdasar tingkat risiko terpapar Covid-19, ujar Nadia, lansia termasuk dalam kelompok berisiko tinggi terinfeksi virus corona.

Sehingga, pemberian vaksin harus dilakukan sesegara mungkin.

"Sehingga nanti pada waktu bulan April untuk masyarakat umum, lansia ini sudah kita berikan vaksinasi terlebih dahulu. Mengingat risiko untuk para lansia terinfeksi virus Covid-19 sangat tinggi," jelas Nadia.

Baca juga: RSCM Gelar Vaksin Covid-19 untuk Nakes Lansia, Profesor Hindra: Tak Rasakan Apapun

Menkes Pastikan Semua Lansia Dapat Vaksin Covid-19

Sebelumnya, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan, secara paralel pemerintah akan memulai melakukan vaksinasi kepada lansia kategori non-nakes.

"Kami akan mendata lansia di luar tenaga kesehatan untuk divaksin. Prinsipnya, dikeluarkannya izin penggunaan darurat (Emergency Use Authorization/EUA) BPOM, kita akan langsung memvaksinasi semua lansia di atas 60 tahun," jelas dia dalam konferensi pers virtual, Minggu (7/2/2021).

Baca juga: Lansia Cenderung Milki Komorbid, BPOM Ingatkan Skrining Kuat Sebelum Vaksinasi 

Ada sekitar 10% populasi Indonesia berada dalam kelompok lansia, dan 50% lebih kematian akibat Covid-19 terjadi pada kelompok ini.

"Pemberian vaksinasi kepada lansia dapat menekan kematian dan juga mengurangi tekanan terhadap Rumah Sakit dengan harapan angka rawat inap dan Bed Occupancy Ratio dapat turun," tutur mantan wamen BUMN ini.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved