Breaking News:

Penanganan Covid

Pemerintah Targetkan 181 Juta Orang Divaksin Selama Setahun, Apakah Mungkin Tercapai?

Pemerintah menargetkan akan melakukan vaksinasi Covid-19 terhadap total 181.554.465 orang penduduk Indonesia atau sekitar 67 persen

screenshot
Baequni Boerman 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Pemerintah menargetkan akan melakukan vaksinasi Covid-19 terhadap total 181.554.465 orang penduduk Indonesia atau sekitar 67 persen dari total populasi.

Apakah mungkin target itu tercapai dalam waktu satu tahun dalam keadaan seperti sekarang?

Ketua Pengurus Daerah Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) DKI Jakarta, Baequni Boerman mengatakan target itu bukan hanya Pekerjaan Rumah (PR) tenaga medis untuk  mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity terhadap virus Covid-19.

Semua elemen termasuk akademisi dan sosiolog juga harus turut turun membantu memberikan pemahaman dan meyakinkan masyarakat bahwa vaksin itu adalah sesuatu yang harus dilaksanakan dan aman.

Dia mengutip data per 18 Februari lalu, jumlah warga sudah divaksin masih berjumlah 0,65 persen dari target.

Sementara hasil survei Kementerian Kesehatan, ITAGI, UNICEF dan WHO pada November 2020, kata dia, masih ada sekitar 36 persen masyarakat masih enggan menerima vaksin.

“Apakah kita bisa mencapai itu dalam waktu satu tahun? Kerja keras. Ini adalah PR kita bersama. Orang-orang sosial perlu mendekati masyarakat. Bagaimana masyarakat agar paham bahwa vaksinasi ini mau program yang harus kita lakukan dalam waktu cepat setahun ini,” ujar Baequni dalam Webinar Selo Soemardjan Memorial Discussion-Panel Session: Melawan “Keletihan Sosial” di Masa Pandemi, Kamis (25/2/2021).

Kerja keras bersama itu diperlukan karena berdasarkan survei kementerian kesehatan, masih banyak masyarakat yang tidak yakin keamanan vaksin Covid-19 (59,02 persen) dan tidak yakin efektivitasnya (42,02 persen).

Selain juga ada masyarakat tak mau divaksin karena takut efek samping (24.09 persen), tidak percaya vaksin (25,75 persen), kepercayaan agama (15,74 persen) dan lain-lainnya (31,10 persen).

Baca juga: Awak Media Diberi Vaksin Covid-19 Ini Alasan Jokowi

Masalah-masalah sosial tersebut menurut dia, akan bisa menjadi penghalang bagi negara ini untuk mencapai target vaksinasi, bila tidak dibantu sosiolog atau tokoh-tokoh masyarakat untuk menetralisirnya.

Halaman
123
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved