Breaking News:

Penanganan Covid

Alasan Seseorang yang Miliki Alergi Obat  Dapat Disuntik Vaksin Covid-19

PAPDI menuliskan seseorang yang belum layak untuk menerima vaksinasi Coronavac jika memiliki reaksi alergi berupa anafilaksis dan reaksi alergi berat

Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Petugas medis Dinas Kesehatan Kota Bandung menyuntikkan vaksin Covid-19 Sinovac dosis pertama kepada pekerja/pedagang pada pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di 23 Paskal Shopping Centre, Jalan Pasirkaliki, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (3/3/2021). Pemerintah Kota Bandung mulai melakukan vaksinasi Covid-19 tahap kedua kepada para pekerja dan pedagang di pusat perbelanjaan atau mal yang masuk kategori pelayanan publik, sebagai bentuk konkret dalam menjaga kedinamisan kegiatan perdagangan. Kegiatan vaksinasi Covid-19 tahap kedua dosis pertama di mal ini diberikan kepada 200 pelayan yang bertugas langsung dengan publik. Tribun Jabar/Gani Kurniawan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebelum menerima vaksin Covid-19, ada sejumlah pertanyaann yang harus diterima sasaran vaksin.

Satu diantaranya terkait riwayat alergi yang diderita penerima vaksin.

Dokter spesialis penyakit dalam konsultan alergi immunologi Gatot Soegiarto mengatakan, seseorang yang memiliki alergi obat tertentu tetap diperbolehkan mengikuti vaksinasi.

Ia mengatakan, alergi obat akan memicu reaksi spesifik terhadap obat yang dikomsumsi.

Sementara saat disuntik vaksin, belum tentu ada reaksi.

Baca juga: Tanggapi Pencabutan Aturan Investasi Miras, Mahfud MD: Pemerintah Tak Alergi Kritik dan Saran

Baca juga: Permenkes Pelaksanaan PP Kebiri Kimia Dirancang, Kementerian PPPA: Demi Kebaikan Anak-anak

"Alergi terhadap suatu obat hanya memicu reaksi spesifik terhadap obat tersebut dan belum tentu muncul dengan obat lain termasuk vaksin Covid-19. Jadi vaksinasi diperbolehkan," ujarnya, Rabu (3/3/2021).

Sebelumnya rekomendasi dari Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) menyatakan, seseorang yang mengalami alergi obat dan makanan tetap diperbolehkan menerima vaksin.

PAPDI menuliskan seseorang yang belum layak untuk menerima vaksinasi Coronavac jika memiliki reaksi alergi berupa anafilaksis dan reaksi alergi berat akibat vaksin Coronavac dosis pertama ataupun akibat dari komponen yang sama yang terkandung pada vaksin Coronavac.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved