Breaking News:

Virus Corona

Mutasi Corona B117 Sampai ke Indonesia, Kemenkes Ingatkan Gunakan Masker yang Benar

Mutasi virus corona B117 memiliki kecepatan penularan yang besar, namun tidak menyebabkan kondisi pasien menjadi berat. Pakailah masker dengan benar.

Freepik
Ilustrasi Memakai Masker. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan (Kemenkes) drg Oscar Primadi, MPH mengimbau masyarakat tidak panik dan khawatir berlebihan atas temuan mutasi virus corona B117 yang terdeteksi di Indonesia.

Ia mengingatkan, masyarakat agar menggunakan masker yang baik dan benar, serta displin dalam protokol kesehatan 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan).

"Saya mengimbau tidak resah tapi tetap waspada.

Kita harus lebih menguatkan proteksi diri dengan memakai masker dan protokol kesehatan lain. Masker yang bisa memproteksi diri, pakai yang benar. Jangan asal pakai," ujarnya dalam talkshow radio kesehatan, Jumat (5/3/2021).

Baca juga: Mutasi Virus Corona B117 Masuk Indonesia, Jokowi Imbau Masyarakat Tak Perlu Khawatir

Baca juga: Soal Mutasi Virus Corona B.1.1.7, Satgas Covid-19 Minta Masyarakat Tak Khawatir Berlebihan

Oscar melanjutkan, mutasi ini memiliki kecepatan penularan yang besar, namun tidak menyebabkan kondisi pasien menjadi berat.

"Tapi sekali lagi kecepatan penularan kita harus waspada. Kami terus berupaya mengembangkan penelitian riset bersama-sama dengan Badan Litbangkes bersama badan riset nasional berkomunikasi dengan badan badan kesehatan dunia sesama negara ASEAN.

Kami selalu bertukar informasi menguatan hal-hal yang bisa kita tangkal terhadap virus ini yang kita hadapi ini," ungkap Oscar.

Sebelumnya tepat satu tahun pandemi Covid-19 berada di Indonesia, Wakil Menteri Kesehatan, dr Dante Saksono Harbuwono mengumumkan, mutasi B117 telah terdeteksi masuk ke tanah air.

Satgas Covid-19 Kabupaten Karawang, Jawa Barat mengumumkan bahwa dua kasus tersebut berasal dari pekerja migran Indonesia yang datang dari Arab Saudi.

*Pakai Masker Ganda, Masker Medis Dilapisi Masker Kain*

Ilustrasi masker - dokter memegang masker
Ilustrasi masker - dokter memegang masker (Freepik)

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat memperbaharui aturan mengenai cara penggunaan masker yang efektif untuk menangkal virus Corona atau SARS-CoV-2.

CDC merekomendasikan penggunaan masker ganda yakni melapisi masker medis dengan masker kain.

Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan di laboratorium menemukan bahwa kombinasi masker ganda ini memberikan perlindungan yang jauh lebih baik bagi pemakainya dan orang lain dibandingkan dengan hanya memakai masker kain saja atau masker medis saja.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved