Breaking News:

Virus Corona B.1.1.7 Masuk Brebes, Dinkes Tracking 7 Orang Kontak Erat dengan Penyintas

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan tracing terhadap kontak erat TKI penyintas virus corona B.1.1.7 di Brebes terus dilakukan.

Freepik
ilustrasi virus corona 

TRIBUNNEWS.COM, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan tracing terhadap kontak erat TKI penyintas virus corona B.1.1.7 di Brebes terus dilakukan.

Terbaru, tracing lini kedua ditemukan tujuh orang kontak erat yang kemudian dilakukan tes antigen.

"Hari ini tadi Pak Kadinkes dari Brebes menyampaikan ada tracing kontak untuk lini kedua. Ada tujuh kontak yang dicari dan sudah di tes dengan rapid test antigen sampai hari ini negatif (hasilnya)," kata Ganjar ditemui di rumah dinasnya, Jumat (5/3/2021).

Sebelumnya ditemukan delapan orang pada tracing lini satu yang kemudian dilakukan uji sampel darah yang dikirim di Jakarta.

"Maka kita masih nunggu yang kemarin dites kurang lebih delapan orang dari Jakarta. Mudah-mudahan sih aman. Sebenarnya kan mereka waktu kembali sudah negatif kan ya," ucapnya.

Saat ini, baik TKI penyintas virus corona B.1.1.7 dan seluruh kontak erat tengah menjalani isolasi mandiri di rumah.

"Mereka sedang isolasi di rumah masing-masing. Termasuk TKI-nya isolasi di rumahnya di Brebes. Sambil menunggu hasil uji lanjutan meskipun sampelnya diambil sekali, untuk memastikan apakah ada virus yang menempel ke yang lainnya," ujarnya.

Ganjar juga tengah berupaya agar seluruh kontak erat dari TKI tersebut menjalani isolasi di tempat isolasi yang terpusat.

"Saya sih mintanya isolasinya kalau bisa dan mereka berkenan di tempat terpusat. Tapi ini perlu negosiasi. Umpama satu rumah dites sudah negatif semua ya sudah mau tidak mau dipastikan tetap di rumah dan tidak keliling. Kalau mereka mau akan lebih baik terpusat agar kita juga gampang kontrolnya," pungkasnya.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Brebes memastikan A yang merupakan pekerja migran Indonesia (PMI) atau tenaga kerja Indonesia (TKI) dan tujuh orang keluarganya telah diisolasi.

Halaman
1234
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved