Breaking News:

Penanganan Covid

Cegah Lonjakan Kasus Covid-19, Menkes : Vaksinasi dan Hindari Mobilitas

Menkes Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, sebagai upaya menghindari lonjakan kasus Covid-19 seperti di beberapa negara di Eropa dan Asia,

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memberikan sambutan saat Peresmian Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit di RSUI, Depok, Jawa Barat, Kamis (25/3/2021). XL Axiata bekerja sama dengan Rumah Sakit Universitas Indonesia yang didukung penuh oleh Kementerian Kesehatan dan Pemerintah Kota Depok menggelar program Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit untuk lansia yang berdomisili Depok dan sekitarnya secara drive thru. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, sebagai upaya menghindari lonjakan kasus Covid-19 seperti di beberapa negara di Eropa dan Asia, masyarakat diharapkan turut aktif dalam program vaksinasi dan menahan mobilitas.

Meski cakupan vaksinasi di Indonesia disebutkan Budi tergolong empat besar di tingkat global, hal tersebut belum mampu menekan penyebaran kasus virus corona.

Terlebih kini muncul virus mutasi baru dan Indonesia sendiri telah terdeteksi sejak awal tahun ini.

“Terkait lonjakan kasus COVID-19 di beberapa negara, saya ingin sampaikan bahwa meski kita sudah mengalami

percepatan dalam vaksinasi, kita perlu berhati-hati mengatur laju penyuntikan karena adanya potensi embargo dari negara produsen vaksin yang mengalami lonjakan kasus di negaranya. Kita perlu mengatur ritme vaksinasi agar tidak ada kekosongan vaksin nantinya,” ujar Menkes dalam konferensi persnya beberapa waktu lalu.

Baca juga: Mual, Demam, Sakit Kepala Usai Divaksin AstraZeneca di Sulawesi Utara, Komnas KIPI: Reaksi Ringan

Baca juga: Hanya 0,2% Tenaga Kesehatan TNI yang Rasakan KIPI Ringan Pasca Vaksinasi Covid-19

Ia mengatakan, lonjakan kasus di negara lain juga mengingatkan waspada dengan menahan mobilitas dan mematuhi disiplin protokol kesehatan, apalagi jenis mutasi virus baru Covid-19 sangat cepat menyebar.

“Hindari bepergian, paling tidak sampai pandemi benar-benar terkontrol. Kalau nanti terjadi lonjakan kasus, kasihan tenaga kesehatan kita akan kelelahan,” pesan mantan wamen BUMN ini.

Sambut New Normal - Untuk menangkal penyebaran virus corona atau Covid-19 sejumlah warga sudah tertib menggunakan masker ketika bepergian keluar sebagai alat pelindung diri seperti terlihat di seputaran Tugu Muda Semarang, Rabu (10/06/20). (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)
Sambut New Normal - Untuk menangkal penyebaran virus corona atau Covid-19 sejumlah warga sudah tertib menggunakan masker ketika bepergian keluar sebagai alat pelindung diri seperti terlihat di seputaran Tugu Muda Semarang, Rabu (10/06/20). (Tribun Jateng/Hermawan Handaka) (TRIBUN JATENG/TRIBUN JATENG/HERMAWAN HANDAKA)

Menkes mendorong semua masyarakat untuk ikut mensosialisasikan pentingnya vaksinasi Covid-19, khususnya kepada kelompok masyarakat lanjut usia 60 tahun ke atas.

Dari kelompok prioritas kedua, lansia tercatat masih rendah tingkat partisipasinya.

Halaman
12
Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved