Breaking News:

Penanganan Covid

Menkes: Banyak Muncul Klaster Covid-19 Akibat Mudik dan Liburan

Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa kenaikan kasus Covid-19 sekarang ini dikarenakan banyak munculnya klaster keluarga.

Tribun Jakarta
Petugas saat melakukan tracing, testing dan treatment di pemukiman warga yang ditemukan klaster penularan Perumahan THB, Bekasi, Selasa (10/6/2021). 

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan  (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa kenaikan kasus Covid-19 sekarang ini dikarenakan banyak munculnya klaster keluarga yang diakibatkan mudik Idul Fitri 2021.

Hal itu disampaikan Budi usai rapat terbatas dengan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan,  Jakarta, Senin (14/6/2021).

"Beliau juga menyarankan bahwa banyak klaster keluarga yang terjadi khususnya disebabkan oleh mudik dan pariwisata. Seperti yang kemarin terjadi di Pangandaran," kata Budi.

Meningkatnya penularan kasus Covid-19 juga disebabkan oleh aktivitas berkerumun dengan melepas masker, salah satunya saat makan bersama di tempat umum.

Baca juga: Menkes Ungkap Penyebab Adanya Varian Covid-19 Asal India di Kudus

Oleh karenanya Presiden,  kata Budi, meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto  memastikan penerapan protokol kesehatan diterapkan di lapangan.

"Untuk kegiatan-kegiatan seperti liburan panjang kegiatan kegiatan pariwisata yang berkerumun dan juga kegiatan-kegiatan makan bersama itu yang perlu ditekankan," katanya.

Sebelumnya, penambahan kasus harian positif di Indonesia kian mengkhawatirkan.

Dalam dua hari terakhir ini, rekor kasus mencapai 8 ribu positif virus corona per hari.

Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito menyebut tambahan ini menjadi yang tertinggi sejak 25 Februari 2021, yang saat itu tembus di atas 8.000 per hari.

Pada Kamis, 11 Juni 2021 ada kenaikan 8.892 kasus.

Halaman
12
Penulis: Taufik Ismail
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved