Breaking News:

Penanganan Covid

Menkes Ungkap Penyebab Adanya Varian Covid-19 Asal India di Kudus

Budi Gunadi Sadikin memaparkan penyebab masuknya varian baru corona B.1617 asal India atau yang saat ini dinamai varian Delta di Kudus, Jawa Tengah.

istimewa
Menkes Prediksi Lonjakan Kasus Covid-19 Pasca Lebaran Berlangsung Hingga Juli 2021 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memaparkan penyebab masuknya varian baru corona B.1617 asal India atau yang saat ini dinamai varian Delta di Kudus, Jawa Tengah.

"Ini baru keluar hasilnya dua hari yang lalu bahwa memang yang di area Kudus adalah varian baru yang datang dari India," kataBudi dalam kegiatan seminar online, Minggu (13/6/2021).

Menurutnya, masuk varian asal India ini ke Kudus dibawa oleh Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang tiba di Indonesia melalui pelabuhan laut yang sulit terdeteksi petugas.

Baca juga: 28 Kasus Covid-19 Varian Delta India Merebak di Kudus, Ini yang Perlu Diwaspadai Menurut Ahli

Berbeda jika melewati jalur udara atau bandara, setiap kedatangan dari luar negeri akan terdeteksi dan dijaga baik.

"Kita lihat ada kenaikan dan memang sudah terkonfirmasi itu adalah varian baru yang kita amati masuknya banyak dari pekerja migran Indonesia. Biasanya kalau bandara sudah kita jaga dengan baik. Kalau pelabuhan laut kan banyak di Indonesia. Banyak PMI kita yang datang dari India, sehingga masuk varian Delta dari sana," terang mantan wakil menteri BUMN ini.

Ia mengatakan, varian baru ini memiliki sifat penularan yang lebih cepat.

Sehingga banyak tenaga kesehatan yang terpapar, dilaporkan Budi ada sekitar 400 nakes di Kudus yang juga turut positif virus corona.

Sejauh ini ungkap Budi, kasus kenaikan kasus Covid-19 juga terjadi di daerah sekitar Kudus seperti Pati, Rembang, Grobogan.

"Kudus sendiri sudah mulai flattening, tapi kini mulai bergeser ke daerah sekitarnya seperti Pati saya lihat ada kenaikan, di Grobogan saya lihat juga ada kenaikan, dan juga beberapa lokasi-lokasi di luar Jawa Tengah seperti di Madura, Bandung Selatan, dan sekarang juga sudah masuk ke Jakarta," ungkap Budi.

Kata Epidemiolog

Halaman
123
Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved