Breaking News:

Virus Corona

Jalani Isolasi Mandiri di Rumah, Ingat 3 Hal Penting Ini

Ada sejumlah hal penting yang harus dipersiapkan dalam masa isolasi mandiri di rumah ketika seseorang terpapar covid-19.

Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Kader PKK, Lia Nur Jauharatul Mardiah (42) mengenakan APD baju hazmat melambaikan tangan kepada anak kecil dari balik kaca jendela saat membawa makanan untuk dibagikan kepada warga yang terpapar Covid-19 di Gang Cisitu Lama 1, RW 11, Kelurahan Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (22/2/2021). Langkah proaktif yang dilakukan pengurus dan kader PKK RW 11 membagikan makanan kepada warga yang sedang melakukan isolasi mandiri ini sebagai kebersamaan saling membantu dalam menangkal penyebaran Covid-19. Selain itu, warga juga membatasi akses jalan gang dan mendirikan posko Covid-19 selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Jalani Isolasi Mandiri di Rumah, Ingat 3 Hal Penting IniTribun Jabar/Gani Kurniawan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA --Meningkatnya kasus Covid-19 akhir-akhir ini membuat banyak warga harus menjalani isolasi mandiri di rumah.

Mantan direktur WHO Asia Tenggara Prof Tjandra Yoga Aditama menuturkan, ada sejumlah hal penting yang harus dipersiapkan dalam masa isolasi mandiri itu.

"Ada tiga bagian penting yang harus diketahui masyarakat saat menjalani isoman" kata dia dalam pesan tertulisnya Minggu (4/7/2021).

Baca juga: 1.003 Pasien Covid-19 Isolasi di Asrama Haji

Baca juga: Tak Perlu Obat, Isolasi Mandiri untuk OTG, Hanya Minum Air Putih, Gizi Seimbang, Kumur Air Garam

Perhatikan Logistik Makanan, Ventilasi dan Lokasi Isolasi Mandiri yang Memadai

Hal yang pertama, kebutuhan sehari-hari harus tetap terjaga baik dan jamin ketersediaannya.

Makan dan minum yang baik, istirahat yang cukup, ruang isolasi yang patut dengan ventilasi yang baik, pakaian dan tempat tidur yang memadai.

Petugas dan relawan Suku Dinas Sosial (Sudinsos) Jakarta Timur sibuk memasak dan menyiapkan makanan siap saji beserta air mineral, di kantor Sudinsos Jakarta Timur, Selasa (29/6/2021). Mereka menyiapkan makanan siap saji untuk diberikan ke wilayah yang dilakukan micro lockdown dan warga yang isolasi mandiri. Setiap harinya Sudinsos Jaktim menyalurkan 1.285 boks yang dikirim ke tiga RT di Jakarta Timur. Tribunnews/Herudin
Petugas dan relawan Suku Dinas Sosial (Sudinsos) Jakarta Timur sibuk memasak dan menyiapkan makanan siap saji beserta air mineral, di kantor Sudinsos Jakarta Timur, Selasa (29/6/2021). Mereka menyiapkan makanan siap saji untuk diberikan ke wilayah yang dilakukan micro lockdown dan warga yang isolasi mandiri. Setiap harinya Sudinsos Jaktim menyalurkan 1.285 boks yang dikirim ke tiga RT di Jakarta Timur. Tribunnews/Herudin (Tribunnews/Herudin)

"Harus dijamin keamanannya, misalnya jangan sampai ada arus pendek listrik di kamar karena pasien tertidur sambil alat elektronik menyala, atau tergelincir di kamar mandi karena penuh air tidak dibersihkan," ungkap Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI).

Kemudian, harus ada dukungan moral dan sikap positif dari anggota keluarga dan kerabat.

"Jangan lupa informasikan keadaan anggota keluarga yang menjalani isolasi mandiri kepada RT/RW setempat," pesan Prof.Tjandra.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved