Breaking News:

Virus Corona

Kerja Sama Blue Bird, PMI Sediakan Jemput-Antar Pendonor Plasma Konvalesen Secara Gratis

Palang Merah Indonesia (PMI) bekerja sama dengan perusahaan jasa transportasi Grup Blue Bird untuk menyediakan jemput-antar donor plasma konvalesen se

ist
Palang Merah Indonesia (PMI) menggandeng penyedia jasa transportasi Grup Blue Bird dalam pelayanan antar-jemput donor plasma konvalesen. Kerja sama tersebut ditandatangani Direktur PT Blue Bird Tbk Sigit Djokosoetono dan Ketua Umum PMI Jusuf Kalla didampingi Sekretaris Jenderal PMI Sudirman Said dan Ketua Bidang Unit Donor Darah PMI Pusat dr. Linda Lukitari Waseso pada Senin (12/7/2021) di area Gudang Darurat Covid-19 PMI, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. PMI dan Grup Blue Bird berkomitmen memudahkan pendonor demi meningkatkan persediaan plasma darah penyintas covid-19 tersebut. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Palang Merah Indonesia (PMI) bekerja sama dengan perusahaan jasa transportasi Grup Blue Bird untuk menyediakan jemput-antar donor plasma konvalesen secara gratis.

Ketua Umum PMI Jusuf Kalla (JK) melepas sejumlah armada transportasi jemput-antar donor plasma konvalesen di area Gudang Darurat Covid-19, Jakarta Selatan, Senin (12/7/2021).

Ia menjelaskan layanan kemanusiaan ini diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan plasma konvalesen yang mengalami peningkatan permintaan dalam beberapa pekan ini.

"Kami sudah berupaya secara maksimal untuk mendistribusikan plasma konvalesen. Tapi persoalannya jumlah penyintas yang mendonor sedikit, sementara permintaannya saat ini tinggi sekali, di DKI saja daftar tunggunya mencapai ribuan," kata JK secara virtual.

JK menjelaskan inovasi layanan tersebut merupakan pengembangan layanan jemput-antar eks-pasien covid-19 yang didukung Blue Bird.

Dengan kemudahan tersebut, JK berharap para penyintas covid-19 dapat terlayani secara maksimal untuk mendonorkan plasma darahnya.

Seperti diketahui, plasma konvalesen diberikan kepada pasien covid-19 sebagai terapi pendamping.

Plasma darah yang mengandung antibodi penyintas covid-19 tersebut disebut dapat membantu meningkatkan pertahanan antibodi penderita terhadap virus tersebut.

"Ini merupakan salah satu terapi yang efektif menurut ahli. PMI sudah melakukan ini (donor plasma) berdasarkan standar yang berlaku sejak lama. Untuk yang plasma konvalesen sendiri sejak pandemi sudah terdistribusi 50 ribuan kantong," jelasnya.

Eks Wakil Presiden itu mengatakan PMI mampu mengolah 800-an kantong darah dalam sehari di 42 fasilitas pengolahan plasma konvalesen.

Halaman
12
Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved