Breaking News:

Virus Corona

PPKM Darurat Jadi Momentum Tepat Hilirisasi Inovasi Teknologi Alat Kesehatan Untuk Masyarakat

Pemerintah saat ini menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang berlaku sejak 3 Juli hingga 20 Juli 2021.

Capture Zoom/Fitri
Kepala BPPT Hammam Riza. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah saat ini menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang berlaku sejak 3 Juli hingga 20 Juli 2021.

Langkah ini sengaja dilakukan untuk menekan laju penularan virus coron.

Dalam upaya strategis untuk menekan lonjakan kasus positif, tentunya diperlukan peran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dalam pengembangan teknologi alat kesehatan (alkes).

Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza menganggap penerapan kebijakan PPKM Darurat merupakan momentum yang tepat untuk membangkitkan semangat para peneliti dan perekayasa untuk melakukan hilirisasi inovasi teknologi kepada masyarakat.

Karena dalam kondisi pandemi seperti saat ini, masyarakat merupakan pihak yang akan menggunakan inovasi tersebut.

"PPKM Darurat yang diberlakukan pemerintah seharusnya menjadi wake up call bagi para penyelenggara IPTEK untuk kembali menghilirisasikan inovasi teknologi karya anak bangsa kepada masyarakat," kata Hammam, dalam keterangan resminya, Sabtu (10/7/2021).

Baca juga: Fraksi PKS Tolak Komersialisasi Vaksin Covid-19

Hal ini, kata dia, bisa mulai diimplementasikan melalui pemanfaatan teknologi ventilator darurat yang telah diserap Industri.

"Sebut saja ventilator produksi PT LEN, PT Dharma dan PT Poly Jaya yang ketiganya menggunakan hasil rekayasa desain BPPT," jelas Hammam.

Selain itu, ada pula karya inovasi dari perguruan tinggi seperti Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Gajah Mada (UGM).

Halaman
12
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved