Breaking News:

Virus Corona

Tingkat Hunian RSDC Wisma Atlet Kemayoran Sudah Melebihi Standard WHO

Mintoro mengatakan saat ini tingkat hunian di RSDC Wisma Atlet Kemayoran sudah mencapai 79%.

Tribunnews/Jeprima
Petugas merapikan tumpukan kantong sampah plastik kuning yang menumpuk di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (6/7/2021). Sejumlah petugas berpakaian alat pelindung diri (APD) lengkap tiap hari mengumpulkan kantong plastik berwarna kuning yang menumpuk berisikan APD bekas pakai, kardus makanan, dan sejumlah barang pasien yang sudah tidak terpakai. Kemudian tumpukan limbah itu disimpan di ruang khusus Tower 7 RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet. Sekali angkut, RSD Wisma Atlet bisa mengangkut 2 ton limbah medis corona. Dalam sehari petugas dapat mengangkut 3 kali yaitu pagi, siang, dan malam hari. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Koordinator Humas RSDC Wisma Atlet Kemayoran Kolonel Kes dr Mintoro Sumego MS mengatakan saat ini tingkat hunian di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran sudah melebihi standard World Health Organization (WHO).

Mintoro mengatakan saat ini tingkat hunian di RSDC Wisma Atlet Kemayoran sudah mencapai 79%.

Sedangkan, kata dia, standard yang ditetapkan WHO hanya 60%.

Hal tersebut disampaikannya dalam Talkshow bertajuk "Update RSDC Wisma Atlet: Bangun Kolaborasi Atasi Pandemi" yang disiarkan di kanal Youtube BNPB Indonesia pada Kamis (15/7/2021).

"Untuk saat ini di Wisma Atlet itu adalah hari ini sampai pagi seperti yang tadi sudah disampaikan, bahwa kita ada di 6.254 pasien atau ini kira-kira 79% hampir 80%. Kalau WHO sendiri membatasi bahwa seharusnya hunian itu sekitar 60% dalam arti untuk kita prepare dalam semua kegiatan di sini. Jadi ini sudah melebihi kapasitas yang ada di rumah sakit yang memang disiapkan sendiri," kata Mintoro.

Baca juga: Jubir Satgas Covid-19: Dua Kali Dosis Vaksin Sudah Sangat Cukup untuk Masyarakat Umum

Koordinator Humas RSDC Wisma Atlet Kemayoran Kolonel Kes dr Mintoro Sumego MS dalam Talkshow bertajuk
Koordinator Humas RSDC Wisma Atlet Kemayoran Kolonel Kes dr Mintoro Sumego MS dalam Talkshow bertajuk "Update RSDC Wisma Atlet: Bangun Kolaborasi Atasi Pandemi" yang disiarkan di kanal Youtube BNPB Indonesia pada Kamis (15/7/2021). (Youtube BNPB Indonesia)

Namun demikian, kata dia, RSDC Wisma Atlet tetap melakukan upaya untuk melaksanakan kegiatan penanganan covid-19 di hilir dengan baik.

Dia mengatakan jika penanganan di sektor hulu sudah baik maka tantangan yang dihadapi di sektor hilir juga akan berkurang.

Sampai seberapapun fasilitas kesehatan yang disiapkan di hilir, kata dia, kalau hulunya belum terlaksana dengan baik, maka hilir tidak akan bisa menampung sampai sebanyak apapun.

"Jadi mungkin pesannya juga bahwa seberapapun fasilitas yang disiapkan pemerintah untuk isolasi atau karantina, kalau memang hulunya tidak dikelola dengan baik maka hilir akan kelabakan juga nantinya," kata Mintoro.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved