Breaking News:

Virus Corona

Komisi IX Nilai Penyebaran Covid-19 Relatif Terkendali Usai Diberlakukan PPKM Level 4

Komisi IX DPR RI melihat dampak positif diterapkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4/Darurat.

WARTA KOTA/NUR ICHSAN
PEMADAMAN LAMPU PENERANGAN JALAN - Kendaraan melintas di Jalan Daan Mogot, Batuceper, Kota Tangerang, yang gelap gulita karena sengaja dipadamkan pemerintah kota setempat selama masa PPKM berlangsung, Senin (26/7/3021). Pemadaman yang dilakukan untuk mencegah warga berkeliaran ini dinilai warga sangat merugikan dan keliru karena selain bisa mengundang aksi kriminalitas juga bisa menimbulkan bahaya kecelakaan. WARTA KOTA/NUR ICHSAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi IX DPR RI melihat dampak positif diterapkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4/Darurat.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena mengatakan bahwa angka terkonfirmasi positif Covid-19 relatif menurun setelah diberlakukannya PPKM Level 3 dan 4.

"Kalau kita lihat bahwa kebijakan PPKM level yang dilakukan level 3, 4 dan seterusnya ini ternyata memberikan aspek positif, di mana angka positif relatif sudah makin menurun dan terkendali dibandingkan sebelum diberlakukan PPKM yang sementara berjalan," kata Melki kepada wartawan, Rabu (28/7/2021).

Baca juga: Pasien Isoman Covid di Jatim Hampir 28 Ribu, Ketua DPD RI Ingatkan Pemda Rutin Pantau

Baca juga: Mencari Jejak Akidi Tio di Kota Langsa, Penyumbang Rp 2 Triliun Untuk Tangani Covid-19 di Sumsel

Baca juga: Satgas Covid-19 Masih Dalami Dugaan Munculnya Varian Lokal Indonesia B.1466.2

Selain itu, dampak positif dari PPKM Level 4 lainnya bisa dilihat dari tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit (BOR) yang merawat pasien Covid juga makin menurun.

Angka kesembuhan juga semakin meningkat dari pertengahan Juli sampai saat ini.

"Dan tentu juga angka kesembuham ini berkat kebijakan PPKM yang betul-betul membatasi kita untuk bergerak dan fokus kita menangani yang sakit untuk sembuh juga lebih baik," ujar politikus Golkar itu.

Namun, Melki memberi catatan soal angka kematian akibat Covid-19 yang masih

Menurutnya, perlu kerja keras hingga ke level hilir agar bisa mengendalikan angka kematian Covid.

Misalnya tenaga kesehatan yang mencukupi, obat-obatan yang memadai dan juga tentu ketersediaan oksigen dan kebutuhan lainnya.

"Kita terus bekerja keras mensukseskan kebijakan PPKM level 3, 4 dan seterusnya. Semoga ini bisa segera mengendalikan pandemi dan kita semua bisa segera beraktifitas kembali dengan normal," pungkasnya.

Penulis: chaerul umam
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved