Penanganan Covid

Alami Efek Samping Demam Setelah Vaksinasi Covid-19? Ini Penjelasan Dokter

Vaksinolog dr Dirga Rambe Sakti menjelaskan, vaksinasi memang memiliki efek samping, namun hal itu bersifat ringan.

Editor: Daryono
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Direktur PT AJ Central Asia Raya (CAR Life Insurance) Antonius Probosanjoyo (kedua kiri) bersama Chief Commercial Banking Officer PT Bank Ina Perdana Tbk Luianto Sudarmana (kiri) meninjau vaksinasi COVID-19 di Jakarta, Rabu (28/07/2021). PT Asuransi Jiwa Central Asia Raya (CAR Life Insurance) dan PT Bank Ina Perdana Tbk kembali mendukung program vaksinasi Pemerintah dengan melakukan Program vaksinasi untuk anak usia 12-17 tahun. Selain vaksinasi, PT AJ Central Asia Raya (CAR Life Insurance) dan PT Bank Ina Perdana Tbk mendukung penuh program ini dengan memberikan fasilitas vaksinasi Covid-19 kepada keluarga nasabah dan masyarakat umum untuk anak-anak berusia 12 tahun ke atas pada 28-29 juli 2021, dengan memberikan gratis kepada peserta vaksin manfaat pertanggungan asuransi kecelakaan 25 juta rupiah. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM - Vaksinasi berguna untuk meningkatkan kekebalan seseorang terhadap suatu penyakit.

Di masa pandemi Virus Corona ini, pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan penyuntikan vaksin Covid-19 guna memperluas kekebalan kelompok.

Data di laman Covid19.go.id, hingga 5 Agustus 2021 ini lebih dari 21 juta orang telah selesai disuntik vaksin tahap ke-2.

Terlepas dari itu, masih ada sedikit kekhawatiran dari masyarakat mengenai pelaksanaan vaksinasi covid-19 ini.

Sebagian masyarakat belum melakukan vaksin karena khawatir akan efek samping yang ditimbulkan setelah suntik vaksin, yakni berupa demam atau nyeri.

Baca juga: Kabar Gembira! Warga Belum Punya NIK hingga Ibu Hamil Tetap Bisa Dapatkan Vaksin Covid-19

Baca juga: Bagaimana Jika Telat Melaksanakan Vaksin Dosis ke-2? Simak Penjelasannya

Lantas apakah demam setelah vaksinasi ini hal yang normal? Bagaimana penjelasannya?

Untuk diketahui vaksinasi adalah pemberian vaksin dalam rangka menimbulkan atau meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit, sehingga apabila suatu saat terpajan dengan penyakit tersebut tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan dan tidak menjadi sumber penularan.

Vaksinolog dr Dirga Rambe Sakti menjelaskan, vaksinasi memang memiliki efek samping, namun hal itu bersifat ringan.

Efek samping tersebut diantaranya seperti nyeri atau ngilu pada bagian tangan, demam atau meriang setelah penyuntikan.

"Hampir semua produk medis sebetulnya punya efek samping. Tidak usah jauh-jauh ke produk medis, sehari-hari kita makan nasi. Nasi yang terlalu banyak juga dapat memicu terjadinya diabetes."

"Dari penelitian diketahui, bahwa 95% efek samping itu sifatnya ringan, reaksi lokal berupa nyeri di bekas suntikan. Sedangkan sisanya reaksi sistemik, yakni demam," kata dr Dirga dalam video di laman kipi.covid19.go.id.

TINJAU PROGRAM VAKSINASI - Direktur Pelayanan BPJamsostek, Roswita Nilakurnia meninjau kegiatan vaksinasi bersama BPJamsostek di wilayah Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Jumat (30/7/2021). Vaksinasi ini diberikan bagi pekerja peserta BPJamsostek sebagai upaya meningkatkan produktifitas kerja dengan cara memperkuat imunitas para pekerja  serta sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah dalam percepatan pembentukan herd immunity. WARTA KOTA/NUR ICHSAN
TINJAU PROGRAM VAKSINASI - Direktur Pelayanan BPJamsostek, Roswita Nilakurnia meninjau kegiatan vaksinasi bersama BPJamsostek di wilayah Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Jumat (30/7/2021). Vaksinasi ini diberikan bagi pekerja peserta BPJamsostek sebagai upaya meningkatkan produktifitas kerja dengan cara memperkuat imunitas para pekerja serta sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah dalam percepatan pembentukan herd immunity. WARTA KOTA/NUR ICHSAN (WARTA KOTA/WARTA KOTA/NUR ICHSAN)

Baca juga: Cara Mendaftar Vaksin Covid-19 via Online, Akses PeduliLindungi.id, Cepat dan Mudah

Baca juga: Syarat Ibu Hamil Terima Vaksin Covid-19

Ia menjelaskan, demam pascavaksinasi bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan, sebab hal ini justru menunjukkan vaksin sudah mulai bekerja.

"Demam pasca vaksinasi bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Demam pasca vaksinasi merupakan tanda bahwa sistem imunitas kita terstimulasi," kata dia.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved