Breaking News:

Kalbe dan Kompas Gramedia Dukung Percepatan Vaksinasi Masyarakat Gresik

Dalam kegiatan sentra vaksinasi Covid-19 di Gresik, bantuan sosial diserahkan secara simbolis kepada perwakilan warga.

Editor: Hendra Gunawan
Tribunnews/Irwan Rismawan
Ilustrasi vaksinasi Covid-19 

TRIBUNNEWS.COM, GRESIK -- PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) dan Kompas Gramedia (KG) pada hari ini berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik, Dinas Sosial Kabupaten Gresik, Ikatan Alumni Universitas Airlangga (IKA UNAIR), dan PT Petrokimia Gresik untuk penyelenggaraan Sentra Vaksinasi Covid-19 di Auditorium Gedung Petrokimia Gresik, Jawa Timur. Sentra vaksinasi dengan target peserta 1.000 orang ini menyasar ibu hamil, siswa sekolah, dan masyarakat umum.

Dalam kunjungan meninjau sentra vaksinasi (07/09/2021), Bupati Gresik H. Fandi Akhmad Yani, S.E. menyampaikan, “Apa pun yang kita lakukan dan bermanfaat, maka ini akan kekal abadi. Selamat untuk Kompas Gramedia dan Kalbe, dan semua unsur yang terlibat, atas sumbangsih yang diberikan atas digelarnya vaksinasi ini. Dengan sama-sama dan gotong royong, kerja keras, insya Allah saya yakin Gresik semakin sehat dan Indonesia bisa bangkit.”

Senada dengan hal tersebut, Direktur Utama PT Petrokimia Gresik menyatakan, “Terima kasih telah memercayakan tempat pelaksanaan di tempat kami. Kami mendukung penuh karena ini bagian dari menuju herd immunity. Bagaimana kita berkolaborasi dan sinergi untuk saling support dalam penanganan pandemi Covid-19.”

Baca juga: Kalbe dan Kompas Gramedia Dukung Percepatan Vaksinasi Masyarakat Pekanbaru

Corporate Sustainability Manager PT Kalbe Farma Tbk Abi Nisaka mengatakan bahwa penyelenggaraan sentra vaksinasi ini merupakan wujud komitmen Kalbe untuk menyehatkan bangsa. Upaya vaksinasi merupakan bagian dari kontribusi Kalbe terhadap terciptanya herd immunity di masyarakat.

“Selain mengadakan vaksinasi, Kalbe juga terus berinovasi untuk menyediakan obat, suplemen, layanan telemedicine, dan laboratoriun terkait pemeriksaan terapi Covid-19 yang dibutuhkan masyarakat,” tambah Abi lagi.

Sementara itu, mewakili KG, Ketua Forum Komunikasi Daerah (FKD) KG Jawa Timur Agnes Swetta Pandia dari Kompas Surabaya menyatakan, “Dengan semangat kemanusiaan, Kompas Gramedia berkolaborasi dengan Kalbe, juga berbagai pihak lainnya, untuk menuntaskan program vaksinasi di Indonesia utamanya di daerah yang capaian vaksinasinya masih belum maksimal. Selain itu, sesuai misi untuk mencerahkan masyarakat, Kompas Gramedia juga memberikan donasi ratusan eksemplar buku untuk perpustakaan binaan PT Petrokimia Gresik sebagai bagian dari #AkuBaca.” Etta menambahkan bahwa #AkuBaca adalah bagian dari Gerakan Literasi Nusantara, salah satu program kontribusi sosial KG yang bergerak di bidang pendidikan.

Baca juga: BPOM Terbitkan EUA Vaksin Johnson and Johnson dan Vaksin Cansino

Bersamaan dengan penyelenggaraan sentra vaksinasi Covid-19 di Gresik, hari ini juga Kalbe dan Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas (DKK) menyerahkan bantuan kepada masyarakat sekitar. Kalbe telah menyiapkan bantuan berupa produk nutrisi yang penting bagi masyarakat seperti Prenagen untuk ibu hamil, Entrasol, serta vitamin lainnya. Sementara itu, DKK menyalurkan donasi pembaca Kompas berupa 300 paket bahan pokok berisi masing-masing beras, minyak goreng, gula pasir, tepung terigu, sarden kemasan, serta masker kain dan medis.

“Bantuan berupa bahan pokok bagi warga yang sedang isolasi mandiri maupun warga lain di saat pandemi sekarang ini diharapkan bisa sedikit meringankan beban warga karena saat ini mereka memiliki keterbatasan dalam beraktivitas sehari-hari, baik itu untuk bekerja maupun aktivitas produktif lainnya,” jelas Ketua Yayasan DKK A. Tomy Trinugroho.

Dalam kegiatan sentra vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Gresik, bantuan sosial diserahkan secara simbolis kepada perwakilan warga.

Baca juga: Solusi Sertifikat Vaksin Tak Muncul dan Data Bermasalah di PeduliLindungi, Ini Cara Memperbaikinya

Sentra Vaksinasi juga melibatkan Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM), dan PT Enseval Putera Megatrading serta Enseval Medika Prima (anak perusahaan PT Kalbe Farma Tbk) juga FKD KG—yang merupakan gabungan unit-unit KG—Jawa Timur sebagai panitia penyelenggara.

Selain di Kabupaten Gresik, Sentra Vaksinasi Covid-19 juga diselenggarakan di Kota Pekanbaru, Kabupaten Bantul, dan Kabupaten Bandung. Seperti diketahui sebelumnya, Sentra vaksinasi Covid-19 di 4 kota ini merupakan rangkaian program “Bangkit untuk Merdeka dari Covid-19” yang pertama kali diluncurkan pada 17 Agustus 2021 dengan membuka sentra vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat, khususnya menyasar ibu hamil, di dua lokasi, yaitu Kantor BKKBN dan SMKN 26, Jakarta Timur.

Kegiatan tersebut terselenggara atas kolaborasi Kalbe dan KG dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI), sekaligus memperingati hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia, ulang tahun ke-55 Kalbe, dan ulang tahun ke-58 Kompas Gramedia. Sentra vaksinasi dan bantuan sosial masyarakat ini sekaligus bagian dari Sentra Peduli Kita Bangkit KG Media.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved