Breaking News:

Virus Corona

Pemerintah Susun Peta Jalan Transisi Pandemi Covid-19 menuju Endemi

Sebagai langkah awal bagi masyarakat adalah menyegerakan vaksinasi, mendisiplinkan kebiasaan memakai disiplin, dan menerapkan pola hidup sehat.

Pixabay/Tumisu
Ilustrasi virus corona. Herd immunity adalah kondisi ketika sebagian besar kelompok atau populasi manusia kebal terhadap suatu penyakit karena sudah pernah terpapar dan sembuh dari penyakit tersebut. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Pemerintah tengah menyusun peta jalan transisi dari pandemi Covid-19 menuju endemi.

Penyusunan jalan transisi itu bertujuan untuk mengendalikan laju penularan dan mengembalikan aktivitas masyarakat secara normal.

Sebagai langkah awal bagi masyarakat adalah menyegerakan vaksinasi, mendisiplinkan kebiasaan memakai disiplin, dan menjaga kesehatan tubuh dengan gaya hidup sehat.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan bahwa Covif-19 diprediksi tidak hilang dalam waktu cepat.

Masyarakat diharapkan beradaptasi dan mengadopsi kebiasaan-kebiasaan baru agar dapat hidup sehat berdampingan dengan virus corona.

Baca juga: Syarat Pandemi Jadi Endemi, Pakar: Disiplin Prorokol Kesehatan dan Vaksinasi

Baca juga: Apa Itu Endemi? Pemerintah Siapkan Strategi Ubah Pandemi Covid-19 Jadi Endemi

"Akhirnya nanti, upaya ini diharapkan bisa mewujudkan keseimbangan antara perekonomian dengan kesehatan secara bertahap,” ungkap Johnny baru-baru ini

Peta jalan atau road map yang dimaksud merupakan dasar tatanan hidup baru bagi masyarakat dalam transisi pandemi Covid-19 menjadi endemi.

Ilustrasi virus corona, gejala virus corona, gejala Covid-19, pasien virus corona
Ilustrasi virus corona, gejala virus corona, gejala Covid-19, pasien virus corona ((Shutterstock/Petovarga))

Tidak hanya menjadi acuan dalam upaya menekan penularan, peta jalan ini juga dibuat untuk memungkinkan masyarakat untuk beraktivitas seperti biasa. Dalam menyusun peta jalan tersebut, pemerintah melibatkan akan stakeholder terkait dan menjadikan pengalaman negara-negara lain sebagai acuan.

Baca juga: Covid-19 Diprediksi akan Menjadi Endemi

Peta jalan akan terus disempurnakan sesuai perkembangan penanganan Covid-19 di tanah air, dengan target pembukaan pada fatality rate kurang lebih 2 persen, kasus aktif kurang lebih 100.000, serta positivity rate kurang dari 5 persen.

Halaman
12
Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved