Breaking News:

Virus Corona

Vaksinasi Lansia Rendah, Menkominfo Imbau Masyarakat Sebar Informasi Valid Terkait Vaksin Covid-19

Banyak kelompok lansia yang mendapatkan hoaks sehingga masih enggan untuk melakukan vaksinasi.

Tribunnews/Jeprima
Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo), Johnny G Plate memberikan keterangan pers perihal gangguan sistem komunikasi di beberapa wilayah Papua pascaputusnya kabel laut beberapa waktu lalu, di Gedung Kemkominfo, Jakarta Pusat, Senin (7/6/2021). Johnny mengungkapkan, faktor utama di balik gangguan tersebut dipicu putusnya kabel laut fiber optik ruas Biak-Jayapura, tepatnya pada posisi 280 kilometer dari Kota Biak di kedalaman 4.050 meter di bawah permukaan laut. Putusnya kabel laut tersebut berdampak pada total trafik dari normal sistem komunikasi di seluruh Papua sekitar 154 gbps dari total trafik di Papua sebesar 464 gbps atau terdampak sepertiga dari total trafik. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Pemerintah mengajak masyarakat untuk menyebarkan informasi valid terkait vaksin untuk memberantas memerangi hoaks yang beredar di masyarakat.

Banyak kelompok lansia yang mendapatkan hoaks sehingga masih enggan untuk melakukan vaksinasi.

"Semua vaksin yang beredar di Indonesia telah dipastikan keamanannya dan khasiatnya. Informasi seperti ini yang harus kita perkuat dan sebarkan untuk meyakinkan lansia bahwa vaksinasi sangat dibutuhkan untuk mereka," ucap Menkominfo Johnny G.Plate, Senin (20/9/2021).

Tercatat, hingga 19 September 2021, cakupan vaksinasi lansia baru mencapai 27,4 persen dari target sasaran dosis pertama dan 19,24 persen dari sasaran dosis lengkap.

Padahal, kelompok lansia memiliki risiko kematian akibat Covid-19 paling tinggi.

Baca juga: Airlangga: Indonesia Capai Tonggak 100 Juta Dosis Vaksinasi Berkat Kerja Sama Semua Pihak

Baca juga: Aktivis 98 Jawa Barat Gelar Vaksinasi Tahap 2 di Lodaya Bandung

Berdasarkan data per 14 September 2021, kelompok lansia yang terpapar corona sebesar 11,8 persen dari total kasus Covid-19, namun 46,7 persen dari total kematian adalah kelompok lansia.

Pemerintah memastikan vaksin aman digunakan oleh lansia. Salah seorang penerima vaksin ada yang sudah berusia 100 tahun dan tidak merasakan efek samping berat.

Lansia mengikuti vaksinasi Covid-19 di Lippo Mall Kemang, Jakarta, Senin (12/4/2021). Program vaksinasi Covid-19 ini adalah wujud komitmen Lippo Malls Indonesia dalam mendukung Pemerintah merealisasikan target 1 juta vaksin per hari melalui Gerakan Bersama Sukseskan Program Vaksinasi Nasional. Tribunnews/Irwan Rismawan
Lansia mengikuti vaksinasi Covid-19 di Lippo Mall Kemang, Jakarta, Senin (12/4/2021). Program vaksinasi Covid-19 ini adalah wujud komitmen Lippo Malls Indonesia dalam mendukung Pemerintah merealisasikan target 1 juta vaksin per hari melalui Gerakan Bersama Sukseskan Program Vaksinasi Nasional. Tribunnews/Irwan Rismawan (Tribunnews/Irwan Rismawan)

"Ayo ajak keluarga kita semua yang berada dalam kelompok lansia untuk segera vaksinasi. Memberi informasi yang benar serta mengajak para orang tua untuk vaksinasi adalah bagian dari tanggung jawab kita semua," seru Menkominfo.

Baca juga: Genjot Vaksinasi Jelang World Superbike, NTB Butuh 1,3 Juta Dosis Vaksin Covid-19

Di sisi lain, pemerintah daerah juga diminta untuk menyusun strategi percepatan vaksinasi dan menyelesaikan kendala yang menghambat vaksinasi lansia di daerah masing-masing.

Lokasi vaksinasi harus bisa menjangkau populasi rentan ini sesuai dengan keunikan masalah di masing-masing wilayah, baik secara geografis maupun biaya.

Hal ini juga harus diikuti juga dengan sosialisasi informasi dan edukasi yang mudah dipahami oleh lansia.

"Kerja sama pemerintah daerah dan masyarakat sangat diperlukan untuk mempercepat vaksinasi bagi kelompok lansia. Mari kita bergandeng tangan, bahu-membahu untuk menjaga kesehatan para orang tua kita dengan mengajak mereka melakukan vaksinasi segera," imbuh Johnny.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved